Senin, Maret 1, 2021

Dispopar Enrekang Akan Bangun Pusat Sarana Olahraga di 11 Kecamatan

Populer

ENREKANG, Linisiar.id – Pembangunan sarana dan prasarana olahraga akan menjadi fokus Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Enrekang pada tahun 2021 ini. Tidak tanggung-tanggung, dana sebanyak Rp 40 Miliar dianggarkan untuk membangun 11 pusat sarana olahraga yang tersebar di 11 Kecamatan.

Konsep pembangunan sarana prasarana yang akan dibangun di 11 kecamatan itu, tidak jauh beda dengan pembangunan lapangan Abubakar Lambogo saat ini, di mana lapangan tersebut selain menjadi pusat kegiatan olahraga, sekaligus akan menjadi alun-alun. Hal ini dikatakan Kepala Bidang Pengembangan Kemitraan dan Destinasi Pariwisata Dispopar Enrekang, Maryadi.

Menurut Maryadi, adapun jenis lapangan yang akan dibangun tergantung keinginan masyarakat di setiap kecamatan.

“Lapangan tersebut akan menjadi alun-alun di ibukota Kecamatan, karena berfungsi sebagai pusat olahraga dan menjadi ruang interaksi sosial dan wisata sosial. Manfaat lainnya, PDRB masyarakat bisa meningkat dan pendapatan ekonomi pedagang kecil bisa berjalan,” jelas Maryadi, sebagaimana keterangan pers yang diterima Linisiar.id, Selasa, (19/1/2021).

Adapun ke-sebelas kecamatan itu adalah kecamatan Alla, Anggeraja, Curio, Masalle, Malua, Baraka, Buntu Batu, Bungin, Enrekang, Cendana dan Maiwa.

“Total ada 11 lokasi di 11 kecamatan minus kecamatan Baroko,” lanjut Maryadi.

Total anggaran yang digunakan sebesar Rp 40 Miliar, bersumber dari pinjaman program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari pemerintah pusat.

Rinciannya, Kecamatan Maiwa, Baraka, Alla dan Enrekang masing-masing anggarannya Rp 5 miliar, Kecamatan Masalle, Anggeraja, Malua, Curio, Cendana dan Buntu Batu masing-masing Rp 3 miliar. Sedangkan untuk Kecamatan Bungin mendapat anggaran sebanyak Rp 2 miliar.

Maryadi menjelaskan, jumlah anggaran setiap kecamatan berbeda-beda karena melihat kondisi lapangan dan jumlah penduduk tiap-tiap kecamatan.

Sementara, Bupati Enrekang didampingi Kadispopar, Dadang Sumarna, Kabid Pengembangan Kemitraan dan Destinasi Pariwisata, Maryadi, Kabid Pemasaran Pariwisata, Andi Zulkarnaen dan konsultan perencanaan, Selasa (19/1/2021) memantau kesiapan lapangan yang ada di kecamatan Maiwa dan Kecamatan Cendana.

“Kunjungan ini untuk memastikan kesiapan rencana pembangunan sarana olahraga tersebut di Kecamatan Maiwa dan Kecamatan Cendana,” tutur Maryadi. (*)

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru