Diskominfo Makassar Gelar Bimtek Jaringan Komunikasi Sandi Menggunakan Email Sanapati

Diskominfo Kota Makassar Gelar Bimtek Jaringan Komunikasi Sandi Menggunakan Email Sanapati.

MAKASSAR, Linisiar.id – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar menyelenggarakan bimbingan teknis penggunaan dan pemanfaatan jaringan komunikasi sandi dengan menggunakan Email Sanapati. Bertempat di Hotel Essential Makassar Jalan Sultan Hasanuddin No 43 Makassar, Rabu (17/7/2019).

Staf ahli bidang ekonomi, keuangan dan pembangunan Pemerintah Kota Makassar Ir Ahmad Kafrawi mengatakan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang tumbuh dengan pesat di era globalisasi sangat potensial pemanfaatannya dalam membuka peluang bagi pengaksesan, pengelolaan dan pendayagunaan informasi secara cepat dan akurat.

Menurutnya Pemanfaatan TIK dalam proses pemerintahan (e-government) di Pemkot Makassar penerapannya diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan sesuai dengan perkembangan zaman.

“Tentunya penerapannya harus menggunakan sistem informasi yang handal dengan memperhatikan aspek keamanan informasi meliputi kerahasiaan, keutuhan, keaslian, ketersediaan, dan nir penyangkalan,” ucapnya

Dia menyebutkan sistem informasi yang digunakan perlu ditunjang oleh sistem persandian yang memadai seperti jaringan menggunakan sandi pada Email Sanapati.

Sementata itu Kepala Bidang Persandian Diskominfo Kota Makassar Ridwan mengatakan Email Sanapati adalah email khusus dengan user tertentu dengan enkripsi yang lebih kompleks dengan keamanan yang tinggi serta memiliki beberapa kelebihan.

“Kelebihan dari Email Sanapati ini dapat memproteksi terhadap fake email, spam email, phising link, dan email bombing. Email ini juga sudah diuji dan terbukti berperan penting dałam mendukung penyelenggaraan pemerintahan antara jajaran Pemerintah Pusat, BUMN, TNI, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemda Kabupaten Kota,” terangnya. (*)