Dinas Pendidikan Palopo Bangun Aplikasi SIPULUNG, Media Diskusi Guru Mata Pelajaran

Aplikasi SIPULUNG

PALOPO, Linisiar.id – Dalam rangka peningkatan kompetensi pendidik di Kota Palopo, saat ini Dinas Pendidikan Kota Palopo sedang membangun aplikasi SIPULUNG.

Aplikasi Sistem Informasi Pendidik Ulung (SIPULUNG) merupakan media musyawarah guru mata pelajaran berbasis online untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Aplikasi ini digagas Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kota Palopo, Asnita Darwis, S.STP sebagai upaya untuk meningkatkan minat guru dalam mengembangkan diri.

Menurut Asnita Darwis, Rabu (4/11/2020), aplikasi SIPULUNG ini nantinya akan dimanfaatkan oleh guru sebagai media dalam pelaksanaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) maupun sebagai media interaksi diskusi yang faktual.

Ia menjelaskan, diskusi guru jenjang SMP melalui MGMP sebenarnya sudah lama dilakukan. Namun, hanya terlaksana jika ada anggaran.

Pelaksanaannya juga masih konvensional. Artinya, dijadwalkan oleh Dinas Pendidikan Kota Palopo di satu tempat. Kemudian ada instruktur MGMP. Pelaksanaan pada siang hingga sore hari.

“Tentunya hal ini merepotkan karena membutuhkan biaya, tenaga, dan waktu, sehingga inovasi yang dilakukan adalah menciptakan media berupa aplikasi SIPULUNG,” jelasnya.

Dengan aplikasi SIPULUNG, kendala anggaran, tenaga, dan waktu bisa diminimalkan dibandingkan pelaksanaan MGMP konvensional.

Rencananya, Dinas Pendidikan Palopo akan melakukan sosialisasi pemanfaatan aplikasi ini. Setelah itu, direncanakan launching pada pekan ketiga November 2020 ini.

Untuk tahap awal, aplikasi ini untuk guru mata pelajaran (mapel) jenjang SMP. Jumlah mapel juga masih dibatasi untuk menghindari kendala teknis. (*)