Jumat, Oktober 15, 2021

Dibuka Lagi Sejak Juli 2020, Wisata di Villa Bambapuang Enrekang Kini Makin Asikk dan Nyaman

Populer

LINISIAR.ID, ENREKANG – Lain dulu, lain sekarang. Begitulah gambaran tentang destinasi wisata dan akomodasi Villa Bambapuang yang terletak di Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan ini.

Jika dulunya pernah terkesan jorok dengan fasilitas kurang memadai, maka hal itu jauh berbeda dengan kondisi saat ini.

Di bawah pengelolaan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Enrekang, yang dikepalai Dadang Sumarna M.Pd, resting house dan destinasi wisata Pemkab Enrekang ini sudah tampil memikat dan bisa memuaskan wisatawan maupun pelancong.

Tampilan dan fasilitasnya sudah bisa dinikmati dengan nyaman. Apalagi Villa Bambapuang menyajian view yang begitu menarik dan eksotis yaitu panorama alam berupa pegunungan indah yang dikenal dengan istilah “Gunung Nona”.

Hampir semua sudut dan tempat di Villa Bambapuang bisa dijadikan spot swafoto yang keren karena memiliki latar maupun fasilitas yang instagramble.

Disadur dari situs solusinews.id, https://solusinews.id/2020/10/27/punya-4-cottage-dan-13-kamar-ini-tarif-nginap-di-villa-bambapuang-dengan-view-lekukan-gunung-yang-eksotis/ , berikut hal-hal yang kini bisa dinikmati di Villa Bambapuang Enrekang ini.

Fasilitas Akomodasi

Resting house (penginapan) ini pun kini memiliki 12 kamar standar dengan gedung berlantai tiga yang berada di puncak bukitnya serta empat cottage ekslusif.

Fasilitas kamarnya pun sudah cukup memadai dengan tariff per kamar yang terjangkau (lihat daftar tarif dibawah).

Akomodasi yang tersedia ini bisa menjadi pilihan bagi wisatawan atau pelancong yang datang bersama keluarga atau rekan-rekan kerja untuk liburan di Bumi Massenrempulu, julukan Enrekang, dan ingin menginap di Villa Bambapuang.

Apalagi, tersedia fasilitas kafe & resto serta aula yang bisa digunakan untuk acara seperti seminar, family gathering, sosialisasi, rapat kerja, dan acara lainnya.

Tarifnya pun tergolong murah dengan fasilitas memadai di tengah panorama alam yang indah serta cuaca yang sejuk. Di malam hari, cuacanya pun dingin.

Tak heran, kamar-kamar yang disediakan tak dilengkapi pendingin ruangan (AC) karena hawa alam sekitar yang dingin “menembus” ruangan.

Kafe dan Menu Khas

Kafe & resto di Villa Bambapuang juga telah dipoles modis. Interior didesain artistik dan tetap mengusung konsep alam.

Fasilitas kuliner ini juga menyediakan menu kuliner khas andalan Kabupaten Enrekang yang sangat digemari pengunjung yaitu Nasu Cemba dan Pulu Mandoti.

Sedangkan untuk menu minuman andalan daerah ini, tersedia kopi khas Enrekang yaitu kopi Arabika Kalosi yang sudah dikenal hingga keluar negeri dengan citarasanya yang begitu khas dan nikmat.

Bila Anda tak sendiri untuk menyeruput kopi khas Arabica Kalosi ini, pelayan bisa menyiapkan satu teko berisi kopi Arabica Kalosi dengan beberapa gelas mungil atau sloki untuk diminum bersama.  

Selain menu kuliner andalan khas Enrekang itu, terdapat sejumlah menu lain yang bisa dinikmati pengunjung.

Anda juga bisa mendapatkan penganan atau makanan ringan khas Enrekang untuk oleh-oleh yang dijajakan di beberapa warung kecil depan Villa Bambapuang, yang berada di tepi tebing jalan poros dengan view Gunung Nona yang lebih dekat.  

Fasilitas Aula

Selain itu, terdapat aula terbuka yang teduh yang selantai dengan area kafe & resto di Villa Bambapuang ini.

Kepala Seksi (Kasi) Bina Usaha dan Daya Tarik Wisata Dispopar Enrekang, Eka Febrianzah, mengatakan aula tersebut dapat disewa oleh masyarakat umum dan unsur pemerintah.

“Aula ini bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan seperti rapat, seminar, atau acara sosialisasi yang diperuntukkan bagi elemen masyarakat, organsiasi, maupun pemerintahan,” ujar Eka, sapaan Eka Febrianzah, Selasa (27/10/2020).

Destinasi wisata Villa Bambapuang ini mulai dibuka kembali sejak Juli 2020. Villa Bambapuang adalah satu dari tiga obyek wisata yang fokus dikelola oleh Dispopar Enrekang di tahun 2020 ini.

Dua lainnya yaitu wisata Permandian Alam Lewaja dan wisata pendakian Gunung Latimojong.

“Namun, karena adanya pandemi covid-19, destinasi wisata pendakian Gunung Latimojong belum dimaksimalkan dan sementara kita tutup sementara sambil menunggu kebijakan pemerintah dan situasi kondusif,” paparnya.

Berikut fasilitas dan tarif akomodasi di Villa Bambapuang Enrekang:

* 12 kamar standar; tarif Rp 250 ribu per net/malam per kamar, fasilitas springbed jumbo, kamar mandi, shower, toilet duduk, televisi, lemari, jendela dengan view Gunung Nona

* 4 Cottage; tariff Rp 350 ribu – Rp 400 ribu per net/malam

* Aula; tarif Rp 900 ribu per hari (untuk umum), Rp 500 ribu per hari (untuk lembaga pemerintah)

Nah, jika Anda ingin liburan di Enrekang dan menginap di Villa Bambapuang dengan view pegunungan yang hijau nan eksotik ini, Anda dapat menghubungi pihak Dispopar Enrekang.(*)

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru