Bupati ASA Sebut Bendungan Lamole Bulupoddo Bakal Mengairi 200 Hektare Sawah

9

SINJAI,linisiar.id – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa, menegaskan kehadiran bendungan Lamole nantinya akan meningkatkan produksi pertanian masyarakat di Kecamatan Bulupoddo.

Pasalnya, jika bendungan tersebut dibangun, petani bisa panen dua hingga tiga kali setahun yang notabene sebelumnya hanya bisa panen sekali dalam setahun, lantaran sawah mereka masih mengandalkan air hujan -sawah tadah hujan.

“Kalau bendungan sudah selesai, termasuk irigasinya, maka petani di Kecamatan Bulupoddo bisa panen dua hingga tiga kali dalam setahun, saya pikir ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terang ASA saat mengunjungi lokasi rencana pembangunan bendungan Lamole di Desa Lamatti Riawang, Kecamatan Bulupoddo, Rabu (13/1/2021).

Dikatakan ASA, kunjungan dilakukan untuk memastikan lokasi rencana pembangunan bendungan yang sangat diharapkan oleh petani setempat. Lantaran bendungan tersebut mampu mengairi sawah milik petani hingga 200 hektare sawah.

Selain untuk pengairan lahan pertanian, bendungan Lamole yang djgagas ASA juga nantinya akan dimanfaatkan untuk menyuplai kebutuhan air bersih masyarakat di Kecamatan Bulupoddo. Dengan demikian, taraf kesehatan masyarakat juga akan meningkat berkat hadirnya bendungan ini.

“Jadi selain untuk meningkatkan kesejahteraan petani, juga akan meningkatkan taraf kesehatan masyarakat berkat adanya air bersih dari bendungan itu nantinya,” ujar ASA.

Dalam peninjauan lokasi tersebut, Bupati ASA tak lupa menyampaikan salam dan pesan dari Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah kepada masyarakat Bulupoddo. Sebelumnya, Gubernur NA menyampaikan akan memberikan dukungan anggaran senilai Rp25 miliar untuk pembangunan bendungan Lamole.

“Bapak Gubernur, berharap masyarakat Bulupoddo bisa meningkatkan produksi pertaniannya, lebih sejahtera lagi, kesehatannya juga terjaga berkat adanya air bersih,” tambahnya. (*)