Agustus, Realisasi Pajak Bapenda Palopo Capai 75 Persen

PALOPO, LINISIAR.ID – Dalam pandemi covid-19, penerimaan pajak dan retribusi daerah Kota Palopo cukup baik. Ini berkat kerja keras Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kota Palopo dibawah pimpinan Abdul Waris.

Kepala Bapenda Palopo melalui Kabid Penagihan dan Pelayanan, Asran Muhajir mengatakan hingga triwulan ketiga bulan kedua atau di bulan Agustus 2020, realisasi pendapatan pajak daerah sudah di angka 75,70 persen.

“Target pendapatan pajak daerah kita sebesar Rp26,3 miliar. Hingga saat ini sudah terealisasi Rp19,9 miliar. Selisihnya masih sekitar Rp6,3 miliar. Kita sangat optimis target bisa terealisasi bahkan over target mengingat masih ada waktu beberapa bulan ke depan,” kata Asran, Selasa (1/9/2020).

Adapun sumber pendapatan pajak daerah tersebut berasal dari 11 item diantaranya pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak parkir, pajak air tanah, pajak burung walet, pajak mineral bukan logam dan batuan, pajak bumi dan bangunan serta bea perolehan hak atas tanah dan bangunan.

Selain dari pendapatan pajak daerah, juga ada hasil retribusi daerah yang terdiri dari retribusi jasa umum dan retribusi jasa usaha.

“Tahun ini target retribusi daerah kita sebanyak Rp280 juta. Hingga bulan Agustus, sudah terealisasi Rp186 juta atau sebesar 66,6 persen. Kita juga sangat optimis ini bisa over target,” tambahnya.(*)