Rabu, Desember 8, 2021

Pemkot Palopo Sosialisasikan Ketentuan Cukai Tembakau

Populer

PALOPO, LINISIAR.ID – Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ilham Hamid, Mewakili Wali kota Palopo HM Judas Amir, hadiri sosialisasi pelaksanaan ketentuan di penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2021 di Aula Kantor Kecamatan Sendana Kota Palopo, Selasa 23/11/2021.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai informasi ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang cukai.

Selain itu, memberikan wawasan atau edukasi kepada masyarakat agar menggunakan produk yang memiliki legalitas.

Harapan dari hasil sosialisasi ini masyarakat bisa semakin sadar untuk tidak menggunakan atau menjual rokok ilegal. Karena dengan membeli rokok ilegal sama halnya berkontribusi menambah kerugian negara.

Dalam sambutannya, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ilham Hamid mengatakan, pengertian cukai yang merupakan pungutan resmi yang dibebankan oleh negara pada barang-barang yang memiliki karakteristik khusus.

Yang dimaksudkan adalah, sifat barang dimana dalam pemakaiannya yang menurut undang-undang bisa memberikan dampak negatif terhadap lingkungan hidup dan masyarakat umum, seperti rokok, minuman beralkohol, tembakau dan BBM.

Harapannya, tidak ada lagi masyarakat melakukan atau membuat, mengekspor , mengimpor, atau mendistribusikan produk-produk yang menjadi ketentuan pemerintah seperti produk atau barang yang telah disebutkan tadi,

“Alangkah baiknya jika sebelum melakukan kegiatan usaha yang berhubungan dengan barang yang mempunyai kandungan alkohol, rokok dan ikutannya, bertanya-tanya dahulu kepada pihak berwenang mengenai ketentuan dan konsekuensi hukumnya,” katanya.

 

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru