Suardi-Aska: 85 Persen Warga Lokal akan Terserap di Kawasan Industri Garongkong

BARRU, Linisiar.id – Kabar gembira berhembus untuk masyarakat Kabupaten Barru. Pasalnya, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Barru nomor urut 2, Suardi Saleh-Aska Mappe berencana membuka lapangan pekerjaan berskala besar di kawasan industri Pelabuhan Garongkong.

Namun, rencana tersebut bisa terwujud jika SS-AK terpilih pada Pilkada Barru 2020 pada 9 Desember mendatang.

Aska Mappe mengungkapkan, sedikitnya 85 persen warga lokal Kabupaten Barru nantinya akan diserap untuk bekerja di lokasi itu.

Di tangan Suardi Saleh selama memimpin di periode 2016-2020, kawasan industri di pelabuhan terdalam kedua di Indonesia sudah berkembang pesat.

Bahkan lewat Suardi Saleh, 20 perusahaan besar berskala nasional hingga internasional sudah siap bekerjasama untuk membangun perusahaan di Pelabuhan Garongkong.

Ribuan warga lokal nantinya akan diserap. Khusus tenaga kerja dari luar, maksimal 10-15 persen.

“Berbahagialah masyarakat Barru, karena jika SS-AK terpilih, maka 85 persen penduduk lokal akan dipekerjakan di kawasan industri Pelabuhan Garongkong,” kata Aska Mappe, saat sosialisasi di Padang Malorie, Desa Kading, Kecamatan Tanete Riaja, Sabtu (10/10/2020).

Mantan Kapolsek Barru dan Tanete Riaja menambahkan, penyerapan tenaga kerja warga lokal sebagai salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian warga Barru.

Dengan demikian, masyarakat Kabupaten Barru akan lebih maju dan sejahtera.

Program lain yang dicanangkan SS-AK untuk Barru, yakni akan membangun Balai Latihan Kerja (BLK) di tujuh kecamatan.

Melalui BLK ini, masyarakat bisa mengasah kemampuannya agar bisa menjadi modal untuk bekerja.

“Hadirnya BLK di tiap kecamatan, ibu-ibu hingga anak muda bisa mengikuti pelatihan seperti menjahit, montir dan pelatihan lainnya. Sehingga lahir pekerja yang berkualitas dan berkompeten,” ujar Aska.

“Dan pada akhirnya warga juga bisa bekerja secara mandiri dan berpenghasilan,” tambahnya.

Selain program itu, SS-AK juga berencana membangun stadion bertarap nasional.

Stadion dibangun, kata Aska, untuk menunjang fasilitas bagi bibit-bibit muda Barru, khususnya penghobi olahraga sepakbola.

“Untuk anak-anak muda yang punya hobi sepakbola,  Insya Alah SS-AK akan membangun stadion. Bahkan ini sudah dimasukkan dalam APBD, programnya sisa ingin dilanjutkan jika Pak Suardi Saleh bersama saya terpilih,” bebernya. (*)