Kamis, Desember 9, 2021

Serahkan 11 Mobil Ambulans, Ini Pesan Tegas Bupati Luwu kepada Kepala Puskesmas

Populer

LUWU, Linisiar.id  – Pemerintah Kabupaten Luwu memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 57 tahun 2021 yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Luwu, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Jum’at (12/11/2021).

Kegiatan diawali dengan senam pagi bersama yang dihadiri langsung oleh Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang, Sekda Luwu, H Sulaiman, Kepala BPJS Kesehatan Palopo, Harbu Hakim, Asisten II, Ahyar Kasim, Para Kepala OPD, pimpinan dan staf RSUD Batara Guru Belopa serta para tenaga kesehatan dari 22 Puskesmas se-Kabupaten Luwu

Usai senam, Bupati menyerahkan 11 unit mobil ambulans kepada 11 Kepala Puskesmas.

Puskesmas yang mendapat mobil ambulans tersebut antara lain Puskesmas Kamanre, Bajo, Walenrang, Noling Bupon, Larompong Selatan, Suli Barat, Bajo Barat, Ponrang Selatan, Walenrang Timur, Belopa Utara, dan Walenrang Utara.

“Rumah Sakit dan Puskesmas merupakan barometer pelayanan kesehatan, sehingga Pemerintah Daerah terus berupaya melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, salah satunya dengan pengadaan mobil ambulance ini”, kata H Basmin Mattayang.

Sebagai penanggung jawab pengoperasian mobil ambulans, Bupati menitip pesan kepada para kepala Puskesmas agar mempergunakan mobil tersebut untuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan harus dipelihara

“Bukan hanya pasien saja yang dirawat, tetapi kendaraannya juga perlu dirawat dan dipelihara. Jangan belum cukup setahun dipakai sudah mengalami kerusakan,” kata bupati.

“Kalau perlu kepala dinas kesehatan sewaktu-waktu melakukan pengecekan atau sidak terhadap penggunaan kendaraan yang telah dibagikan agar ada kepedulian untuk menjaga aset negara dan pemanfaatannya dapat dirasakan oleh masyarakat,” lanjut H Basmin Mattayang.

Bupati juga meminta kepada Kepala Dinas Kesehatan agar melakukan pembinaan terhadap tenaga kesehatan yang bekerja di Rumah Sakit dan Puskesmas agar terus meningkatkan kompetensi dan kedisiplinan dalam bekerja.

Kepala Dinas Kesehatan, dr Rosnawary Basir dalam laporannya mengungkapkan, Peringatan HKN Ke 57 mengangkat tema “Sehat Negeriku, Tumbuh Negeriku.”

“Tema ini dipilih seiring dengan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat Indonesia untuk bahu membahu dan bergotong royong dalam menyelesaikan Pandemi Covid-19”, ungkap dr Rosnawary.

dr Rosnawary juga menjelaskan, sebagai rangkaian peringatan HKN Ke 57, Dinas Kesehatan telah melaksanakan vaksinasi dengan target minimal 1000 dosis perhari mulai tanggal 8-12 november 2021 di 22 Puskesmas se Kabupaten Luwu serta Klinik Polres Luwu dengan dukungan TNI Polri, para camat dan kepala desa.

“Atas capaian program vaksinasi Covid-19, maka kami berikan penghargaan kepada Puskesmas Larompong dengan capaian 60 persen, Puskesmas Bua (59 persen), Walenrang (49,3 persen), Ponrang (49, 3 persen), Bajo (45 persen) dan Suli Barat (43 persen)”, jelas dr Rosnawary.

Pada Kesempatan itu pula, Bupati Luwu melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan dengan BPJS Kesehatan Palopo tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional serta Penandatangan Addendum PKS tentang Kepesertaan PBPU. (*)

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru