Peringati Harganas, Walikota Palopo Minta Peran Kader PPKBD Kelurahan Dimaksimalkan

Walikota Palopo, HM Judas Amir, memimpin upacara Harganas 2020, Senin (29/6/2020). (foto: Humas Pemkot Palopo).

PALOPO, Linisiar.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo menggelar upacara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVlI 2020 yang dirangkaikan dengan pelayanan Sejuta Akseptor Serentak se-Indonesia di Kota Palopo, Senin (29/6/2020).

Pelaksanaan upacara yang berlangsung di halaman Kantor Walikota Palopo itu tetap mengacu pada protokol Covid-19, yakni peserta upacara memakai masker dan jaga jarak.

Walikota Palopo H.M. Judas Amir selaku inspektur upacara (irup) menyampaikan terim kasih kepada semua kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa/Kelurahan (PPKBD) dan Sub PPKBD yang hadir pada upacara ini.

Ia berharap, momentum Harganas dapat dijadikan upaya untuk lebih memaknai hidup bermasyarakat, hidup bernegara, tetap cinta Merah Putih.

“Saya minta, kiranya hari ini simpan dalam hati, bahwa menghargai dasar dasar negara termasuk bendera merah putih adalah harga mati bagi kita rakyat Indonesia, karena sampai saat ini Pancasila lah sebagai lambang negara yang menjadi pemersatu warga negara Republik Indonesia,” kata walikota.

Walikota meminta Badan Keluarga Berencana agar dapat memprioritaskan PPKBD dan Subnya agar dapat lebih maksimal berperan aktif melaksanakan dan mengelola program KB di tingkat kelurahan.

Ia juga berharap agar Badan Keluarga Berencana dalam menjalankan tugas dapat bekerjasama dengan ketua RT dan RW, agar semua hal yang terkait masyarakat dapat berjalan baik.

“Saya percaya bahwa PPKBD dan Subnya mampu melaksanakan dan mengelolah program KB. Melakukan pembinaan kepada akseptor aktif dan melakukan pendataan di tingkat kelurahan dengan baik,” katanya.

Turut hadir Wakil Walikota Palopo Rahmat Masri Bandaso, Ketua PRD Kota Palopo, Dr. H. Nurhaenih, S.Kp.,M.Kes, Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Inf Gunawan S.IP, Kapolres Palopo Alfian Nurnas, S.H.,S.I.K, Kajari Palopo Abraham Sahertian, Ketua Pengadilan Negeri, serta kader posyandu se-Kota Palopo. (*)