Senin, Maret 1, 2021

LLDikti Dorong ICCN Bangun Jaringan di Dunia Industri

Populer

MAKASSAR, Linisiar.id – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo meminta agar Indonesia Career Center Network (ICCN) membangun jaringan kerja di dunia industri.

Dorongan ini dilakukan Kepala LLDikti Wilayah IX, Prof Jasruddin agar penyerapan alumni sebagai tenaga kerja di dunia kerja semakin maksimal.

Jasruddin mengatakan, pihak kampus juga harus mendukung mahasiswa agar berkarier tidak hanya sebagai pencari kerja.

“Pihak kampus harus mendukung mahasiswa agar berkarier tidak hanya pencari kerja, tapi juga sebagai pencipta lapangan kerja,” pintanya saat menerima audiensi Indonesia Career Center Network (ICCN) di ruang kerjanya, Selasa, 2 Februari.

Selain itu, Jasruddin meminta kampus membuat program kerja yang lebih mendukung mahasiswa dalam memetakan karier mereka dari awal.

Dengan demikian, setiap kampus dapat melihat bagaimana kebutuhan dunia usaha dan apa alumni seperti apa yang disiapkan kampus sebagai penyedia sehingga penyerapan alumni sebagai tenaga kerja akan semakin banyak.

Pengurus ICCN Wilayah Sulawesi yang diwakili beberapa kepala pusat karir kampus antara lain dari STIEM Bongaya, Unhas, Unibos, Unifa, UIM, dan STIE Amkop, merupakan upaya pengembangan program pusat karier di setiap kampus.

Koordinator ICCN Wilayah Sulawesi yang juga sebagai Kepala Pusat Karir STIEM Bongaya, Bustam mengatakan audiensi ini untuk meminta masukan dan dukungan kepada Kepala LLDikti Wilayah IX untuk pengembangan ICCN di setiap perguruan tinggi.

Dari hasil audiensi tersebut, tutur Bustam, Kepala LLDikti IX mendukung adanya ICCN Wilayah Sulawesi.

Hal ini sejalan dengan pengembangan kampus merdeka, merdeka belajar (KMMB). Juga terciptanya SDM unggul di setiap perguruan tinggi dan alumni siap memasuki dunia industri.

“Dengan demikian, perguruan tinggi mudah melakukan tracer study (pelacakan alumni) yang akan berdampak positif terhadap evaluasi setiap perguruan tinggi serta memberikan arahan agar kepala pusat karir kampus lebih berinovasi dalam membuat program,” kata Bustam.

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru