Senin, Juni 14, 2021

Kenakan Batik Rongkong, Bupati Lutra Ikuti Upacara Virtual Peringatan Hari Lahir Pancasila

Populer

LUWU UTARA, Linisiar.id – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual, Selasa (1/6/2021), dari Aula La Galigo Kantor Bupati.

Hadir pula Wakil Bupati Suaib Mansur, Ketua DPRD Basir, Sekretaris Daerah Armiadi, Forkopimda lainnya, dan para Kepala Perangkat Daerah.

Bupati Luwu Utara terlihat mengenakan pakaian batik Rongkong bersama Ketua DPRD. Sementara Wakil Bupati dan lainnya mengenakan pakaian adat.

Meski diikuti terbatas akibat pandemi COVID-19, para pejabat teras di Luwu Utara tersebut mengikuti upacara dengan penuh khidmat.

Upacara dipimpin Presiden Joko Widodo dari Istana Kepresiden Bogor, Jawa Barat, sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara.

Pelaksanaan upacaranya sendiri dipusatkan di halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri Republik IndonesiaI, Jakarta, yang diikuti oleh peserta dengan jumlah yang terbatas pula.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila.

Apalagi,, kata dia, Pancasila kini menghadapi perkembangan global yang tidak serta-merta selalu sama dalam pandangan maupun kebersamaan.

“Saya mengajak seluruh aparat pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan kaum profesional untuk bersatu padu dan aktif dalam memperkokoh dan mewujudkan Indonesia yang maju dan berkeadilan,” kata Presiden Jokowi yang terlihat mengenakan pakaian adat dari Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, yang dilengkapi masker bewarna hitam.

Pada kesempatan itu pula, mantan Wali Kota Solo dua periode ini juga mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk selalu membumikan pancasila dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Selamat membumikan pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ajak Jokowi.

Sekadar diketahui, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini mengusung tema “Pancasila Dalam Tindakan Bersatu untuk Indonesia Tangguh”. (*)

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru