Fotografer Makassar Lelang Foto Amal Sulteng

MAKASSAR, Linisiar.ID – Sejumlah fotografer media massa yang tergabung dalam komunitas Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar, menggelar lelang foto guna membantu para korban bencana gempabumi di Sulawesi Tengah.

Lelang tessebut rencananya digelar pada 5 November di akun instagram @pfi_makassar. Bukan hanya fotografer media massa, PFI Makassar juga mengajak kalangan umum untuk berpartisipasi.

“Semua hasil penjualan akan didonasikan untuk kebutuhan dan pemulihan tempat tinggal korban gempabumi baik di Palu, Donggala dan Sigi, melalui lembaga atau organisasi terkait,” kata Ketua Panitai Lelang Amal, Iqbal Lubis, di Makassar, Selasa (23/10/2018).

Iqbal menjelaskan, PFI  Makassar hanya membantu memfasilitasi lelang foto Amal ini. Aturan lelang dan open bid di instagram akan diatur selanjutnya.

Setiap fotografer yang ingin melelang fotonya harus mengikuti sejumlah ketentuan, antara lain karya adalah foto yang dinilai layak beli, tidak mengandung unsur kekerasan, SARA ataupun rasis dan tema dan kategori foto yang ingin dilelang bebas.

“Kalau untuk pemenang lelang, panitia hanya memberikan foto dalam bentuk  hard copy atau cetak, dan tidak berhak dalam bentuk soft file. Jadi kepemilikan tetap pada fotografer,” katanya.

Secara teknis, lanjutnya, dokumen yang disiapkan fotografer yang akan berpartisipasi yakni, soft file ukuran 16R atau 40×50 cm dengan resolusi minimal 300pxl. Besaran file maksimal 2 MB dan menyiapkan soft file ukuran kecil untuk instagram.

Foto dikirim ke email pantia lelangfotoamalonline@gmail.com dengan format judul, Nama asli-Judul-Lokasi-No HP.

Setiap fotografer maksimal mengirimkan 5  karya foto dan setiap foto harus diberikan nominal harga lelang atau nilai minimal open bid saat pengiriman foto.

Foto paling lambat dikirmkan ke pantia lelang tanggal  27 November 2018, semua foto yang dilelang wajib mencantumkan nama fotografer sebagai hak cipta saat dicetak.

“Panitia akan mengembalikan semua foto yang tidak laku atau tidak ada peminat ke fotogfernya. Sementara foto yang laku saat lelang akan dicetak 16 RW-20RW tergantung kesepakatan fotogrfer dan pemenang lelang,” jelasnya.

Ia melanjutkan pengeditan foto termasuk proses digital imaging bebas tergantung keinginan fotografernya. Setiap fotografer yang ingin berpartisipasi, atau kalangan umum yang ingin mengikuti lelang dapat menghubungi Abriawan Abhe (082188039052), Kifly (085343655833) dan Iqbal Lubis (081243633194).