Kamis, Desember 9, 2021

Dinsos Pemprov dan Kanwil Hukum dan HAM Sulsel Sepakati Program Bina Warga Lapas

Populer

MAKASSAR, Linisiar.id – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Andi Sudirman Sulaiman saksikan Penandatanganan Nota Kesepahaman Kanwil Kemenkumham dengan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, di Ruang Rapat Pimpinan, Kantor Gubernur Sulsel, Senin (27/9/2021).

Andi Sudirman menjelaskan hal tersebut sebagai bentuk komitmen bersama. Setiap instansi yang ada di Sulsel baik vertikal maupun kabupaten kota, kita Provinsi harus terbuka dan terus mensupport.

“Segala kegiatan untuk dikerjasamakan. Karena, yang menjadi objek atau fokus kita adalah warga kita warga Sulawesi Selatan,” jelasnya.

Apalagi, pembinaan kepada para mantan warga binaan dari Kemenkumham oleh Dinas Sosial Provinsi menjadi tanggung jawab pemerintah untuk menjadikan para mantan warga binaan tersebut bisa bertransformasi menjadi orang yang lebih baik.

“Kalau perlu nanti setelah ada pembinaan dari Dinas Sosial ada sedikit penghargaan yang kemudian bisa menjadi sertifikasi bahwa mereka telah melalui berbagai rangkaian test keterampilan yang diperoleh,” jelasnya.

Mendukung hal itu, Plt Gubernur pun mengaku telah menyiapkan lahan seluas 50 hektar yang akan dibangun untuk membina warga binaan Kemenkumham.

“Akan ada 50 hektar lahan kita siapkan untuk warga binaan untuk menjadi warga binaan alam. Sehingga, mereka tidak terkungkung dengan tempat yang sempit,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto menjelaskan penandatanganan tersebut terkait dengan Pembinaan, Bimbingan Sosial, Mental Spiritual, dan Pelatihan Kerja bagi Eks Warga Binaan Pemasyarakatan dan Penerima Manfaat.

“Sebagian besar warga binaan kami ada 10.400 sekian itu, sebagian besar warga Sulsel. Ketika bebas, itu bukan misi kami lagi tapi misi kawan-kawan dari Dinas Sosial untuk langkah-langkah pembinaan berkelanjutan,” jelasnya.

 

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru