Selasa, Desember 7, 2021

Di HUT Kota Palopo ke 19 Tahun, Plt Gubernur :Pemprov Komitmen dalam Membangun Luwu Raya

Populer

MAKASSAR, Linisiar.id – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman di dampingi Plt Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Naoemi Octarina Menghadiri hari jadi ke 19 Tahun Kota Palopo yang dilaksanakan di kantor DPRD Palopo, Jum’at (2/7/2021).

Plt Gubernur Sulsel mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel komitmen dalam membangun Luwu Raya.

“Komitmen kami membangun Luwu Raya adalah tetap komitmen di 2018-2023. Dari tahun 2019 sampai 2021 sudah Rp 720 Miliar APBD provinsi yang masuk di Luwu Raya,” ungkapnya.

Ia menyebutkan Total APBD provinsi sulsel yang masuk ke Luwu Raya mencakup segala hal, mulai dari infrastruktur, pertanian, peternakan dan sebagainya.

“Ketika terbangun semua (Luwu Raya) di sekitarnya, maka sentra barang dan jasa nanti semuanya akan ke Palopo dan sistem pergerakan barang dan jasa manfaatnya justru besar, Transit jasa hotel dan pendidikan semuanya ke sini juga. Ini merata, kita mau multiplier efect. Kita tidak ingin melihat Luwu ini terbagi-bagi, kami melihatnya sebagai satu kesatuan dalam sistem pembangunan, walaupun dalam kerangka kabupaten berbeda,” sebutnya.

Andi Sudirman Sulaiman berharap, Pemerintah Kota Palopo senantiasa bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menuju arah yang lebih baik.

“Bagaimana menciptakan kesejahteraan yang sehat, pembangunan tetap terukur, dan berkeadilan dalam sistem pemerintahan yang kita bangun. Ini butuh kekompakan. Saya butuh dukungan dari semua. Membentuk suatu pemerintahan yang kuat dan kita bergandengan tangan, insya Allah dengan Bapak Walikota, saya yakin pembangunan disini jauh lebih maju,” tuturnya.

Ia menambahkan upaya pemprov ini atas sinergitas bersama Legislatif. Untuk fokus infrastruktur jalan, yang berpatokan pada lalu lintas harian rata-rata (LHR) atau banyak yang melintasi.

“Fokus kita jalan yang LHR nya tinggi. Karena  penting aksesibilitas jalan untuk memudahkan akses perekonomian dan distribusi barang dan jasa. LHR tinggi yang merupakan kewenangan provinsi kita tuntaskan secara bertahap di Tahun 2022 untuk kondisi prioritas rusak berat Insya Allah,” tutupnya.

Sementara itu, Walikota Palopo, Muh. Judas Amir Mengaku Pelaksanaan Hut Kota Palopo dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Mengingat kondisi pandemi Covid-19, pelaksanaan tetap menerapkan protokol kesehatan, dengan membatasi peserta yang hadir langsung. Serta adapula yang mengikuti secara virtual,” ungkapnya.

Ia berharap diusia 19 tahun Kota Palopo untuk terus menjaga kebersamaan dalam upaya pemulihan ekonomi.

“Saya berharap dengan semangat tangguh dalam segenap jajaran Kota Palopo, untuk bahu membahu membangun daerah ini,” pungkasya.

Diketahui, Hari Jadi Kota Palopo ke 19 Tahun mengangkat tema “Tangguh Dalam Kebersamaan”.

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru