Rabu, Desember 1, 2021

Cegah Penyebaran Virus, Masuk Sulsel Harus Perlihatkan Hasil Tes Antigen dan PCR

Populer

MAKASSAR, Linisiar.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) berlakukan syarat khusus bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari luar provinsi masuk ke Sulawesi Selatan (Sulsel). Berlaku mulai hari ini di setiap pintu masuk kedatangan. Kamis (23/9/2021).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel Ichsan Mustari mengatakan aturan tersebut berlaku kepada para pelaku perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan transportasi umum jarak jauh (pesawat udara, bis, kapal laut dan kereta api).

”Kalau dosis satu (Vaksin) harus perlihatkan disertai tes PCR. Kalau dosis dua dengan Antigen yang datang. Kemudian yang berangkat tergantung persyaratan daerah tujuan. Nah kalau penerbangan antar kabupaten kota dalam Sulawesi Selatan dengan antigen dengan juga dosis vaksinasi,” ucapnya.

Meski begitu, Ichsan Mustari mengatakan pihaknya akan tetap melakukan evaluasi terhadap aturan tersebut. Apalagi melihat kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

“Jadi tentu kebijakan ini sambil di evaluasi pelaksanaan nya terutama kita evaluasi berkaitan dengan bagaimana kepatuhan protokol kesehatan yang diterapkan di Bandara dan di pelabuhan dan bagaimana kepatuhan para pelaku perjalanan di evaluasi itu sampai 4 Oktober jadi selama dua Minggu,” ujarnya.

“Berlaku hari ini. Artinya juga Minggu depan kita Evaluasi bagaimana kepatuhan itu. Petugasnya sudah ada memang, standby disana yang memantau, kami dari Satgas Covid-19 Sulawesi Selatan juga akan bersama-sama dengan Angkasa Pura, KKP di bandara dan pelabuhan dan dinas perhubungan bersama-sama membina dan memantau,” jelasnya.

Berikut beberapa poin aturan tersebut:

1) Untuk perjalanan dengan pesawat udara menuju/ masuk ke Provinsi Sulawesi Selatan dapat menunjukkan hasil negatif Antigen (H 1) dengan syarat sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua, dan hasil negatif PCR (H 2) jika baru memperoleh vaksin dosis 1 (satu) dengan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

2) Untuk perjalanan dengan pesawat udara menuju ke luar Provinsi Sulawesi Selatan mengikuti ketentuan pemeriksaan Laboratrium COVID19 di daerah tujuan dengan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

3) Untuk perjalanan dengan pesawat udara antar kota atau kabupaten di dalam Provinsi Sulawesi Selatan dapat menunjukkan hasil negatif Antigen (H 1) dengan syarat sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua, dan hasil negatif PCR (H 2) jika baru memperoleh vaksin dosis 1 (satu)

4) Penggunaan transportasi umum (kendaraan umum, angkutan massal, taksi (konvensional dan online), ojek (pangkalan dan online), dan kendaraan sewa/rental), dapat beroperasi dengan melakukan pengaturan kapasitas, jam operasional dan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat yang pengaturan lebih lanjut diatur oleh pemerintah daerah.

 

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru