Bapenda Palopo Akan Genjot Pajak Reklame

ilustrasi pajak reklame (int)

PALOPO, LINISIAR.ID – Kepala Bapenda Palopo, Drs Abd Waris M.Si melalui Kepala Bidang Pendataan, Pendaftaran dan Penetapan, Mustafa P S.AN, mengatakan, Bapenda Palopo yang mengelola 11 pajak dan 2 retribusi daerah terus berbenah dan fokus pada tugas pokoknya yakni menghimpun penerimaan keuangan sehingga pembangunan di kota Palopo tidak stagnan.

Mustafa mengatakan Bapenda ingin memaksimalkan semua potensi penerimaan PAD, utamanya dari sektor pajak/retribusi yang masih belum optimal sosialisasi dan kontribusinya selama ini.

“Kalau dari bidang kami di Bapenda, setiap tahunnya secara teknis kami menyusun SKPD atau Surat Ketetapan Pajak Daerah.

Dari 11 pajak dan 2 retribusi daerah yang dikelola Bapenda tersebut, salah satunya adalah sektor Pajak Reklame yang masih belum banyak masyarakat yang mengetahuinya. Sehingga kami akan lebih menggenjot lagi optimalisasi penerimaan pajaknya,” ujarnya, Kamis (18/6/2020).

Pandemi Covid-19 ini membuat hampir seluruh bidang terkena imbas, namun, ia optimis Pajak Reklame di kota Palopo bisa lebih meningkat.

Disebutkan kontribusi Pajak Reklame atas PAD Palopo dari Bapenda baru sekitar 3,64% di tahun 2019 lalu dengan nominal sebesar Rp473.428.534.

Sedangkan di tahun 2020 di periode yang sama hanya sebesar Rp388.834.439.- atau terdapat selisih minus Rp 84 jutaan dari tahun lalu. “Ada penurunan pendapatan dari Pajak Reklame tahun ini tapi angkanya tidak terlalu besar,” kata Mustafa.(*)