Minggu, April 18, 2021

Bangun Sinergitas Penanggulangan Bencana, BPBD Makassar Gelar Forum Perangkat Daerah

Populer

MAKASSAR, Linisiar.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar menggelar Forum Perangkat Daerah Tahun 2019 untuk membangun sinergitas para pihak dalam penanggulangan bencana.

“Kegiatan ini sebagai refleksi dari kejadian yang baru saja kita diuji ketahanan dan ketangguhan menghadapi bencana di kota Makassar,” kata Asisten Bidang Pemerintah Kota Makassar Andi Azis saat memberikan sambutan di Makassar, Selasa (26/2/2019).

Melalui keterangan elektroniknya disebutkan, tema yang diusung pada kegiatan itu adalah “Sinergitas Stakeholder dalam Penanggulangan Bencana”.

Menurut Azis, ketika terjadi bencana terlihat kekompakan yang terjalin dengan baik antara stakeholder yang ada di Kota Makassar, baik dari unsur pemerintah dan unsur masyarakat.

Secara institusional, menurut dia, tugas dan tanggung jawab penanggulangan bencana ada di BPBD, tetapi perlu dukungan dari pemangku kepentingan terkait dan masyarakat.

“BPBD bersama stakeholders atau SKPD terkait dan masyarakat memiliki peran yang cukup besar dalam penanggulangan bencana di Kota Makassar. Jadi perlu sinergitas antara pemerintah dan masyarakat” katanya.

Dengan demikian melalui forum ini perlu disusun model perencanaan penanggulangan bencana yang melibatkan pemangku kepentingan terkait dan masyarakat.

Forum ini akan memberikan masukan dan informasi kepada BPBD untuk lebih menyempurnakan kegiatannya sehingga sinergitas penanggulangan bencana bisa terjalin dengan efektif dan efesien.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Taufiek Rachman mengatakan, forum ini sangat penting untuk melakukan koordinasi kepada stakeholder terkait, pemerintah kecamatan atau kelurahan serta LPM terkait program apa yang akan dilakukan BPBD nantinya.

Dia mengatakan, forum ini tindak lanjut dari kegiatan Musrenbang yang telah dilaksanakan mulai tingkat kelurahan hingga kecamatan.

Forum ini, lanjut dia, akan mensinkronisasikan dan merumuskan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi SKPD terkait serta usulan Musrenbang Kecamatan.

Sementara pada 2020, program prioritas yang dirumuskan, menurut dia, adalah penyiapan dan penyebaran informasi kesiapsiagaan dan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana.

“Program kelurahan tangguh, sekolah aman bencana serta inisiasi shelter aman di wilayah rawan bencana yang dirumuskan untuk tahun 2020,” katanya.

Dia berharap, sinergitas pelaksanaan program dan kegiatan antar SKPD bisa dioptimalkan dalam pencapaian sasaran penanggulangan bencana di Kota Makassar.

Hadir dalam kegiatan ini mulai dari unsur pemerintah yakni Bappeda, SKPD terkait, pemerintah kecamatan, dan dari unsur masyarakat yakni LPM kecamatan, potensi SAR serta bantuan medis.

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru