Appi di Mata Sandiaga Uno: Inovatif dan Proaktif, Ciri Khas Pengusaha Makassar

MAKASSAR, Linisiar.id- Sandiaga Uno meyakini sosok Munafri Arifuddin bisa membawa kehidupan sosial ekonomi warga kota Makassar bangkit kembali setelah hantaman pandemi Covid-19.

Menurut Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini, Appi sapaan Munafri memiliki ciri khas sebagai pengusaha asal Makassar yang inovatif.

Hal itu ia sampaikan saat menjadi narasumber dalam webinar bertema “Kebangkitan ekonomi kota Makassar UMKM dan lapangan kerja” yang merupakan rangkaian dari kampanye virtual Appi-Rahman, Senin (19/10/2020).

“Bang Appi ini inovatif, salah satu orientasi kewirausahawan yang kental di pengusaha-pengusaha Makassar maupun Sulsel ini terlihat di sosok Bang Appi yang inovatif, pekerja keras, ulet dan tangguh,” terangnya.

“Yang menarik juga sosoknya itu proaktif nah ini yang dibutuhkan kota Makassar, bahwa di tengah pandemi ini kita semua harus bergerak lincah,” sambungnya.

Yang disampaikan founder OK OCE ini cukup beralasan, sebab menurut pengakuannya ia begitu mengenal sosok Appi.

Seperti diketahui Sandiaga Uno dan Appi sama-sama pernah berkiprah di BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi).

“Ini mah (Appi) kawan saya baik, bos kita ini. Kalau kita ketemu saya selalu memanggil Bang Appi, beliau memiliki reputasi tingkat nasional. Kepemimpinannya juga sudah teruji,” tuturnya.

Olehnya itu mantan calon Wakil Presiden RI ini mengatakan sosok Appi paling pas sebagai walikota yang dibutuhkan kepemimpinannya di kota Makassar.

“Di saat-saat seperti ini Bang Appi kita yakini dan harapkan untuk hadir menawarkan suatu solusi agar kita bisa bangkit pasca pandemi,” ungkap mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Appi-Rahman menggagas dua program utama yang prioritas yaitu mengendalikan sesegara mungkin Covid-19 dan membangkitkan kembali ekonomi daerah.

Terkait pengendalian Covid-19, Appi-Rahman telah melakukan banyak hal dalam dua bulan terakhir ini. Ada Duta Sehat yang bertugas mensosialisasikan bahaya Covid, dan mengedukasi masyarakat untuk taat dan diplin menjalankan protokol kesehatan. Sekaligus membagikan masker dan hand sanitizer.

Ada pula Satgas Kesehatan yang bertuhas melakukan penyemprotan cairan disinfektan dan pengadapan (fogging) di kawasan pemukiman warga. Satgas ini juga melakukan penyemprotan disinfektan angkutan umum (pete-pete).

Untuk membangkitkan kembali ekonomi yang terpuruk akibat dampak Covid-19, Appi-Rahman memiliki program menurunkan beban biaya masyarakat dan meningkatkan penghasilannya. Misalnya membangun UMKM di setiap RW sehingga menciptakan lapangan kerja.

Lainnya pajak-pajak yang membebani pengusaha, akan diturunkan bahkan dihapus selama hal itu dalam kewenangan walikota. (*)