Senin, Maret 1, 2021

11 Mahasiswa KKN IAIN Palopo Lakukan Observasi dan Silaturahim di Kediaman Warga Rantebelu

Populer

LUWU, Linisiar.id – Sebanyak 11 Mahasiswa Institut Agama Islam Negri (IAIN) Palopo melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Rantebelu Kecamatan Larampong Kabupaten Luwu.

Di lokasi itu para mahasiswa pun langsung terlihat melakukan observasi sekaligus silaturahim dengan beberapa rumah warga di Desa Rantebelu, Minggu (31/1/2021).

Pada kegiatan ini, mahasiswa yang terdiri dari 11 orang membagi dua tempat observasi. Lima orang mahasiswa yang di antaranya, Arfat, Darus Usman, Renaldi, Herlina, Nikmah berlokasi di Dusun Buntu Kamasih dan Keppe.

Sementara di Dusun Samba dan Dusun Batu Lotong terdiri dari enam orang yakni, Ayub Sadega, Indra, Widiah, Yuyu, Novi dan Apriliani yang kesemuanya berasal dari berbagai Prodi di IAIN Palopo.

Mereka melakukan observasi di setiap dusun yang ada di Desa Rantebelu guna merancang program nantinya.

Selain observasi, para mahasiwa tersebut juga membagikan cerita dengan warga setempat.

Menurut Widiah salah satu mahasiswa KKN IAIN Palopo menuturkan bahwa ada kebahagiaan yang muncul ketika melihat senyuman para warga saat mengunjungi kediamannya.

Satu di antaranya, ialah nenek Nihaya.

Dia mengisahkan, ketika mengunjungi kediamannya, Nihaya ternyata seorang lansia yang hidup sendirian di usia senja. Meski begitu, dia menuturkan Nihaya masih bisa menghasilkan uang dengan berprofesi sebagai penjahit di usia 80 tahun.

“Melihat senyuman dari nenek itu ketika bersilaturahim membuat kami bahagia. Kami pun diterima dengan baik. Pada hari ini kami mendapatkan pelajaran hidup yang sangat berharga tentang pentingnya rasa bersyukur,” ujar Widiah.

Sebelumnya, para mahasiswa ini juga melakukan gotong royong membersihkan lingkungan warga setempat, Sabtu (30/1/2021), kemarin.

Selain observasi, para mahasiswa juga menyisir beberapa rumah warga untuk memperkenal diri sembari berdiskusi perihal mata pencaharian warga setempat.

Usai bercengkrama dengan warga, para pengabdi langsung mengunjungi rumah kediaman Kepala Dusun Pak Acing, untuk membahas atau mendiskusikan lebih jauh tentang masyarakat Dusun Samba sambil melihat-lihat Dusun Samba.

Kepala Desa Rante Belu, Musriadi, Sos. menyampaikan apresiasinya terhadap mahasiswa.

Dia bilang, observasi penting dilakukan untuk merancang program KKN dan tak kalah pentingnya ialah memperkenalkan diri kepada warga agar saling mengenal.

Untuk diketahui, mahasiswa KKN IAIN Palopo Posko Rantebelu melakukan observasi kepada warga setempat, berdialog dengan Kepala Dusun, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Pendidikan.

Kontributor: Ayub Sadega

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru