Kamis, Desember 2, 2021

Walikota Palopo Ikuti Zoom Meeting Penguatan Advokasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Populer

PALOPO, Linisiar.id – Walikota Palopo, H.M. Judas Amir, MH mengikuti zoom meeting bersama pejabat terkait, pada kegiatan Workhsop Penguatan Advokasi GERMAS di Rujab Walikota Palopo, Kamis (28/10/2021).

Mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat, guna meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit, Presiden Jokowi pada 27 Februari 2017 menandatangani (Inpres) Nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Melalui Inpres tersebut, Presiden Jokowi menginstruksikan kepada: (1) Para Menteri Kabinet Kerja; (2). Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian; (3). Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan; dan (4). Para Gubernur dan Bupati/Walikota untuk: Pertama, menetapkan kebijakan dan mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing

Untuk mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, melalui: (1) Peningkatan aktivitas fisik; (2). Peningkatan perilaku hidup sehat; (2) Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi; (3). Peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit; (4). Peningkatan kualitas lingkungan; dan (5). Peningkatan edukasi hidup sehat.

Tujuan dari kegiatan Koordinasi Lintas Sektor dan Advokasi Penguatan Gerakan  Masyarakat Hidup Sehat untuk menyamakan persepsi tentang pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat dalam rangka untuk mendukung pencapaian derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

GERMAS merupakan salah satu upaya promotif-preventif yang dilakukan melalui pendekatan multi sektor, yang mempunyai tujuan diantaranya menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular.

Oleh karena itu, perlu digalang kerjasama dan komitmen bersama antar sektor yang terkait yang diwujudkan dalam strategi penguatan penggerakan dan pemberdayaan masyarakat melalui gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS).

Hadir Walikota Palopo, H.M. Judas Amir, MH., Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Palopo, Abdul Manaf, SKM., dan Hj. Raodatul Jannah, S. Sos, selaku Kepala Bappeda Kota Palopo. (*)

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru