Minggu, Februari 28, 2021

UKK Seni Sibola Pentaskan Sendratari Borong dan Pariama, Tetap Berkarya Meski Pandemi

Populer

PALOPO, Linisiar.id – UKK Seni Sibola melangsungkan pentas atraksi seni “Sendratari Borong dan Pariama” di Auditorium Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, Selasa (22/12/2020) malam.

Berbeda dibandingkan atraksi pada umumnya, di tengah pandemi Covid-19, pementasan seni ini dilangsungkan lewat virtual.

Kepala suku UKK Seni Sibola IAIN Palopo, Ahmad Wahyudi mengatakan, pentas seni dan budaya sengaja dilangsungkan secara virtual, tanpa dihadiri banyak penonton, karena berpedoman pada adaptasi kebiasaan baru.

“Pementasan sendratari Borong dan Pariama ini kami laksanakan secara virtual, mengingat kita masih ditengah situasi pandemi covid-19,” katanya.

“Selain pementasan sendratari, kegiatan ini juga kami rangkaian dengan milad UKK Seni Sibola yang ke-16,” tambahnya.

Melalui pertunjukan tersebut, pihaknya ingin mempraktekkan, meskipun di tengah situasi pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) namun tetap bisa berkarya menggelar pertunjukan.

“Ini (harapannya) nanti bisa dipedomani oleh para pelaku seni. Di masa pandemi kita tetap bisa berkegiatan. Asalkan, tetap memenuhi persyaratan dari protokol kesehatan,” tuturnya.

Dewan Penasehat UKK Seni Sibola Saipul, S.Ag, M.Pd dan Mirnawati, S.Pd, M.Pd. mengapresiasi kegiatan pementasan sendratari yang dilaksanakan UKK Seni Sibola.

“Kita patut apresiasi kegiatan ini meskipun masih di tengah pandemi covid-19 pementasan tersebut sukses digelar secara virtual,” ungkapnya.

Sendratari Borong dan Pariama merupakan kisah adat yang berasal dari Bastem Utara yang dikemas dalam konsep sendratari. (Ayub Sadega)

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru