Trump Lepas Masker, Padahal Belum Sembuh dari Covid-19. Pakar Sebut Pencitraan Pilpres

Presiden Donald Trump melepas masker ketika tiba di Gedung Putih dari RS Walter Reed, Senin (5/10/2020). (Foto: AFP)

AMERIKA, Linisiar.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali menunjukkan sikap meremehkan bahaya Covid-19.

Contohnya, Trump langsung melepas maskernya begitu tiba di Gedung Putih setelah meninggalkan rumah sakit Walter Reed National Military Medical Center pada Senin, 5 Oktober 2020.

Trump melepas masker lalu memberikan gestur hormat ke arah helikopter Marine One yang meninggalkan area Gedung Putih. Ia diangkut oleh helikopter itu dari rumah sakit ke Gedung Putih.

Padahal, kepulangannya ke Gedung Putih untuk menjalani perawatan lanjutan dan isolasi mandiri sesuai protokol yang ditetapkan WHO.

Bahkan sesaat sebelum tiba di Gedung Putih, Trump menuliskan pernyataan via Twitter yang meminta masyarakat AS tidak perlu takut dan “jangan biarkan virus ini mendominasi hidup Anda.”

Guardian memberitakan, Trump berjalan seorang diri saat keluar dari Walter Reed. Mengenakan masker, Trump naik ke mobil limosin menuju helikopter Marine One yang sudah menunggu untuk bertolak ke Gedung Putih.

Saat mendarat, ia menaiki anak tangga menuju balkon Gedung Putih dan langsung mencopot maskernya. Padahal, Trump masih berstatus individu terinfeksi covid-19 dan belum dinyatakan sembuh.

Beberapa pakar menilai, kepulangan Trump dari rumah sakit militer dan aksi melepas masker di Gedung Putih sebagai bagian dari aksi untuk memperlihatkan dirinya tetap fit secara fisik.

Trump dinilai ingin dipersepsikan sebagai pejuang yang telah mengalahkan Covid-19, demi memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) AS.

Trump dan istrinya terkonfirmasi Covid-19, empat hari yang lalu. Ia meninggalkan rumah sakit setelah tiga hari dirawat.

Sebelumnya, media-media China menyebutkan, Trump positif Covid-19 karena meremehkan virus corona.

Pada beberapa kesempatan, termasuk bertemu pendukungnya untuk Pilpres AS, Trump memilih tidak memakai masker. (*)