Tiba di Malili, Pjs Bupati Lutim Pimpin Rakor Penanganan Covid-19

Pjs Bupati Lutim, Jayadi Nas (kiri) memimpin rakor penanganan Covid-19, Minggu (27/9/2020).

LUTIM, Linisiar.id – Setelah dikukuhkan oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Luwu Timur, Jayadi Nas, langsung menuju ke Malili, Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Minggu (27/09/2020) sore, dan melakukan rapat koordinasi dengan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Rapat koordinasi (rakor) ini membahas progres dan langkah kebijakan selanjutnya mengenai penanganan Covid-19 di Kabupaten Lutim.

Termasuk persiapan dukungan Pemkab Luwu Timur untuk mensukseskan agenda Pilkada serentak 2020 yang harus berjalan sesuai protokol kesehatan.

Rakor ini diikuti Kepala BPBD Lutim, M. Zabur, Kadis Kesehatan, Dr. Rosmin Pandin, Kadis Kominfo, Masdin, Asisten Administrasi Umum, Askar, Staf Ahli, Dr. April, perwakilan RSUD Wotu, dan perwakilan Satpol-PP.

Kegiatan diawali dengan pemaparan Kepala Dinas Kesehatan Lutim, Dr. Rosmini Pandin mengenai kondisi terkini penanganan dan pencegahan Covid-19 di Luwu Timur.

Dalam laporannya, kadis kesehatan menyampaikan bahwa kasus baru Covid-19 di bulan September ada peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya.

Salah satu penyebabnya adalah masih kurangnya kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

Menanggapi laporan itu, Pjs Bupati Lutim kembali menegaskan agar protokol kesehatan wajib dilaksanakan oleh seluruh masyarakat, terutama di kalangan pemerintahan.

“Kita harus memberikan contoh yang benar terkait protokol kesehatan. Dimulai dari kita sendiri, yakni memakai masker dan membawa hand sanitizer setiap keluar rumah,” kata Jayadi Nas.

“Wajib menyediakan hand sanitizer atau tempat cuci tangan, baik di rumah dan di kantor, serta menjaga jarak aman terutama saat sedang berada di area publik,” tambahnya.

Pjs bupati meminta untuk saling mengingatkan jika bertemu dengan orang yang tidak pakai masker. “Saya minta agar Satpol PP segera memberikan sanksi tegas jika ada yang melanggar,” katanya.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat Luwu Timur agar kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan massa seperti acara perkawinan, syukuran dan lainnya, harus menerapkan protokol kesehatan. Termasuk penyediaan fasilitas sterilisasi dan pengaturan jarak aman.

Sesuai amanat dari Gubernur SulSel terkait Pilkada di masa pandemi ini, Jayadi Nas meminta agar para calon pemimpin di daerah untuk ikut mensosialisasikan pencegahan Covid-19.

Mulai dari memakai masker dan menjaga jarak kepada semua pendukung masing-masing calon. “Dan yang terpenting adalah menjaga situasi kondusifitas selama pilkada agar tetap aman dan nyaman,” tambahnya.

Jayadi menambahkan, akan terus intens berkomunikasi bersama Forkopimda supaya penerapan protokol kesehatan tetap diutamakan untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

“Ini adalah satu-satunya cara yang bisa kita lakukan selama masa pandemi Covid-19. Kita harus berani menghadapi dan memahami situasi yang ada, agar bisa mengambil langkah tepat dalam bertindak kedepan,” tutupnya. (*)