Senin, Maret 8, 2021

Tegas Tingkatkan Kesadaran Wajib Pajak, Berikut Profil Kepala Bapenda Kota Palopo Abdul Waris

Populer

PALOPO, Linisiar.id – Dua tahun lebih jabatan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Palopo, Sulawesi Selatan diemban oleh Drs Abdul Waris, M.Si.

Ia dilantik pada, Kamis 6 Desember 2018 oleh Walikota Palopo Drs. HM. Judas Amir, MH di ruang pola Kantor Walikota

Pria Kelahiran Kota Palopo 18 November 1966 ini, dilantik serta diambil sumpah jabatannya bersama 7 eselon II-b dan 12 pejabat fungsional lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo, tahun 2018 silam

Abdul Waris menikah dengan wanita yang dicintanya Andi Nurhaedah Ar. Fadlan dan dikaruniai 3 orang anak.

Anak pertamanya diberi nama Nurul Arimi, SE sedangkan anak kedua Muh. Taufik Hidayat dan anak ketiga Winda Sari

Kantor Bapenda Kota Palopo terletak di Jl Andi Mas Jaya, Kelurahan Boting, Kecamatan Wara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

Kepada Linisiar.id di ruang kerjanya, belum lama ini, Abdul Waris mengungkapkan bahwa menjadi seorang pemimpin di lingkup dinas atau badan pada pemerintahan itu, tidak bisa dikerjakan sendiri tapi kerja tim.

“Karena ini adalah tim, makanya kita tidak boleh kerja sendiri. Sehingga perlu kekompakan agar apapun yang menjadi salah akan kita perbaiki,” ungkapnya

Abdul Waris juga mengaku bahwa keberhasilan tercapainya tugas, pokok dan fungsi Bapenda dalam Pemerintahan Kota Palopo bukan hanya karena dirinya.

“Alhamdulillah, keberhasilan itu tidak terlepas dari kerja sama tim dan semua instansi yang terkait,” bebernya.

Abdul Waris menambahkan, kesadaran pajak masyarakat juga menjadi dukungan terkuat dari keberhasilan Bapenda dalam merealisasikan target yang ditetapkan.

“Terutama kesadaran masyarakat Palopo yang tinggi dalam hal membayar pajak, termasuk kerja keras petugas penarik pajak,” ujarnya.

Terbukti pada tahun 2019 menjadi tahun yang cukup berkesan bagi Bapenda kota Palopo, utamanya dari segi realisasi pendapatan asli daerah (PAD).

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang diberi kewenangan menarik 11 pajak dan 2 retribusi daerah itu menorehkan sejarah baru dengan pencapaian angka tertinggi dalam memberi sumbangan bagi PAD Kota Palopo secara keseluruhan.

PAD yang disumbang oleh instansinya di 2019 lalu  mencapai 100% dari target yang dibebankan.

“Target kita terlampaui, dari Rp35.105.200.000 kita berhasil mencapai angka Rp35.254.917.610 atau mencapai 100,43%,” papar Abdul Waris.

Sementara itu, tahun 2020 walaupun adanya badai covid-19 yang menghantam, Bapenda Palopo menorehkan hasil yang sama, target yang ditetapkan berhasil dilampaui kembali.

“Alhamdulillah, meskipun badai covid-19 menghantam satu tahun terakhir ini, pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dikumpul Bapenda Palopo over target, yakni sebesar 103,14 persen atau setara dengan Rp1,1 miliar lebih,” tutur Abdul Waris

Tidak hanya pada tahun 2019 dan tahun 2020, sebagai Kepala Bapenda Kota Palopo, Abdul Waris punya tugas berat pada tahun 2021.

Pasalnya, instansi yang dipimpinnya mendapat kenaikan target pendapatan atau pemasukan pajak sekitar 21,5 %.  

Target Bapenda Palopo pada tahun 2020 lalu sebesar Rp 33 miliar lebih, tahun 2021 ini targetnya naik menjadi Rp 39 miliar lebih.

Karena itu, kata lulusan S2 Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar ini, pihaknya harus tancap gas sejak awal tahun atau mulai Januari 2021.

Agar sukses menjalankan tugas atau amanah sebagai pimpinan, Abdul Waris menjelaskan, senantiasa berpedoman pada aturan yang ada serta menjalankan visi dan misi yang sudah disusun.

Visi yang dimaksud adalah terwujudnya sistem pengelolaan Pendapatan Asli Daerah yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel dalam mendukung Palopo sebagai kota jasa.

Sedangkan misi Bapenda Palopo adalah meningkatkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD), meningkatkan profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM) aparat pengelolaan pendapatan daerah.

Misi lainnya adalah meningkatkan kualitas pelayanan dan pengelolaan Pendapatan Asli Daerah.

Misi yang tidak kalah penting adalah meningkatkan kesadaran masyarakat sebagai wajib pajak daerah dan retribusi daerah.

Lalu siapa Abdul Waris? Berikut biodata singkatnya:

Nama: Drs. Abdul Waris, M.Si

Lahir: Kota Palopo, 18 November 1966

Agama: Islam

Kebangsaan: Indonesia

Istri : Andi Nurhaedah Ar. Fadlan

Anak: – Nurul Arimi, SE

– Muh. Taufik Hidayat

– Winda Sari

Pendidikan

SDN 76 Malimongan Kota Palopo 1979

SMP Negeri 1 Kota Palopo 1982

SMA Negeri 3 Kota Palopo 1985

S1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andi Djemma (FISIP Unanda) Kota Palopo 1990

S2 Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar 2013

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru