Sulsel Raih Tiga Penghargaan Lomba Inovasi Penanganan Covid-19

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah diterima Presiden Joko Widodo di Istana Negara. (foto: ist)

MAKASSAR, Linisiar.id – Kabar baik datang di tengah maraknya kritik kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel terkait penanganan Covid-19 di daerah ini.

Hari Senin (22/6/2020), Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menerima tiga penghargaan Inovasi Covid-19 dari Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), di Istana Negara.

Presiden Jokowi menerima Gubernur Sulsel di Istana Negara tersebut dalam rangkaian Lomba Inovasi Covid-19.

Sesuai rilis yang diterima, Selasa (23/6), pada kesempatan itu, presiden memberikan apresiasi kepada Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah karena keberhasilannya melakukan gerakan massif tracing dan rapid test di kabupaten/kota di Sulsel.

Penghargaan dari pemerintah pusat ini menunjukkan, Gubernur Sulsel telah bekerja keras melakukan berbagai upaya terukur untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Menurut presiden, apa yang dlakukan Gubernur Sulsel dengan melakukan rapid test di sejumlah titik di Kota Makassar dan kabupaten lain di Sulsel, merupakan cara jitu deteksi dini penyebaran virus di Provinsi Sulsel.

Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 ini diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penganugerahan pemenang lomba ini dihadiri para kepala daerah se-Indonesia.

Pada lomba inovasi ini, Sulsel meloloskan tiga inovasinya pada kelompok tiga besar. Rinciannya, masing-masing sebagai juara 2 pada Sektor Pasar Tradisional serta juara 3 pada dua sektor yaitu Sektor Tempat Wisata dan Sektor Hotel.

Prestasi ini tentu saja membanggakan, karena persaingan pada setiap kategori sangat ketat sebab melibatkan seluruh provinsi di Indonesia.

Untuk lomba inovasi daerah dalam penyiapan tatanan normal baru pada kategori pasar tradisional, Sulsel yang juara kedua hanya kalah dari Provinsi Bali.

Sedangkan untuk kategori hotel, Provinsi Sulsel yang  berada di peringkat ketiga, bersaing dengan Jambi (juara 1) dan Kalimantan Utara (juara 2).

Pada kategori tempat wisata, Sulsel yang juga juara 3, bersaing ketat dengan Provinsi Jawa Tengah (juara 1) dan Jawa Timur (juara 2). (*)