Senin, Maret 1, 2021

Stok Darah Menipis, PMI Kota Palopo Ajak Warga Donor Darah

Populer

PALOPO, Linisiar.id – Kebijakan untuk menghindari aktivitas massa dan jaga jarak selama pandemi Covid-19, ikut berimbas pada minimnya stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palopo.

Pasalnya, banyak kegiatan donor darah yang harus dihentikan, karena merujuk pada peraturan pemerintah pusat yang ditindaklanjuti melalui keputusan pemerintah provinsi dan daerah soal kegiatan yang mengumpulkan orang dalam jumlah banyak.

Hal ini diungkapkan Penanggungjawab Teknis UTD PMI Kota Palopo, Ramlah, kepada Linisiar.id, Sabtu (2/1/2021).

Ramlah menyebutkan, saat ini persediaan darah semakin menipis dan tidak mencukupi untuk beberapa hari kedepan, khususnya darah golongan AB.

Karena itu, pihaknya mengajak seluruh masyarakat Kota Palopo untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah untuk membantu ketersediaan stok darah di PMI Kota Palopo agar bisa normal kembali.

“Berdonor darah itu aman. Donor darah tidak menularkan virus Covid-19, sampai saat ini belum ada bukti bahwa tranfusi bisa menularkan virus tersebut,” jelasnya.

Terlebih lagi, peralatan yang digunakan oleh PMI Kota Palopo dalam pengambilan darah sangat streril, sehingga menjamin keamanan pendonor dari potensi penularan sejumlah penyakit,” pungkas Ramlah.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Palopo Muh. Rafli Setiawan bersama rombongan membenarkan bahwa golongan darah AB habis.

“Kami tadi komunikasi dengan pihak UTD PMI Kota Palopo untuk menanyakan darah gologan AB, tapi katanya tidak ada, sehingga kami mencari tahu informasi di teman-teman yang punya golongan darah AB dan Alhamdulilah ada,” ujarnya. (Ayub Sadega)

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru