Minggu, September 25, 2022

RSUD Daya Siapkan ICU Mini di F8, Lengkap Dokter dan Peralatan Medis

Populer

MAKASSAR, Linisiar.id – Meski tak lagi dikelola secera penuh oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar namun seluruh OPD terlibat langsung menyukseskan event Makassar International Eight Festival and Forum (F8) 2022.

Salah satunya yakni RSUD Daya. Rumah sakit milik Pemkot Makassar ini menyiapkan ICU Mini dengan peralatan yang lengkap di area F8 Anjungan Pantai Losari.

Hal itu disampaikan Wakil Direktur I RSUD Daya Amelia Malik. Kata dia, ICU Mini dihadirkan untuk mengantisipasi jika ada pengunjung yang sakit atau merasakan sesak.

Sebab diprediksi jumlah pengunjung F8 tahun ini membludak mengingat event yang menampilkan beragam pesona seni dan budaya tersebut sempat vakum selama dua tahun.

“ICU Mini kita siapkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan karena saya yakin jumlah pengunjung ini nanti akan mebludak,” kata Amelia Malik, Rabu (6/09).

Amelia menjelaskan ICU Mini menyediakan peralatan medis yang lengkap sama halnya dengan ICU yang ada di rumah sakit. Selain itu, RSUD Daya juga menurunkan tim dokter.

“Kalau ada pengunjung yang sesak nafas dan perlu oksigen atau perawatan itu dokter kita standby 24 jam. Itu mereka kita bagi menjadi dua sift. Setiap sift itu, dokternya satu perawatnya dua,” ujarnya.

Namun jika ada pengunjung yang membutuhkan perawatan lebih intensif, lanjut Amelia, pihak RSUD Daya juga sudah menyiapkan satu unit ambulance lengkap dengan peralatan medis.

“Ambulance kita sangat lengkap, itu dia standby. Semua peralatan yang ada bisa dilakukan untuk penanganan lebih lanjut lagi sebelum dirujuk ke rumah sakit,” jelasnya.

“Paling tidak bisa melakukan penanganan awal kepada pengunjung jika ada yang sakit. Ambulance kita lengkap, dia seperti ruang ICU sehingga bisa mengantisipasi,” tambah Amelia.

Diketahui, seluruh tim RSUD Daya dilibatkan untuk menyukseskan event F8. Perawat hingga dokter juga diturunkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap pengunjung yang butuh penanganan serius.

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

Berita Terbaru