RAMAH Siapkan Kartu SIPAKATAU untuk Mudahkan Warga Urus Administrasi, Contoh KTP dan KK

PANGKEP, Linisiar.id – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pangkep, Abd Rahman Assagaf-Muammar Muhayang (RAMAH) menyiapkan Kartu SIPAKATAU (Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Terpadu) untuk warga Pangkep.

Muammar Muhayang mengatakan, jika RAMAH terpilih, Kartu SIPAKATAU akan memberi kemudahan pada masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukan, seperti pembuatan KTP, kartu keluarga, akta kelahiran, dan persuratan lainnya.

“SIPAKATAU ini berbasis dengan QR Code. Kita akan melayani masyarakat dengan pelayanan berbasis digital yang mudah,” ujarnya, Rabu (18/11/2020).

Sistem ini akan memudahkan masyarakat agar tidak bolak balik ke kantor pemerintah dalam pengurusan persuratan.

Mereka akan dimudahkan dalam pelayanan pertama, dengan hanya membuka aplikasi SIPAKATAU.

“Warga tidak perlu lagi bolak balik saat mengurus persuratan, karena itu menyusahkan. Nanti petugas kelurahan kita latih untuk bisa melayani dengan aplikasi ini,” terang Muammar.

Sistem ini akan mendata seluruh masyarakat, sehingga dapat berfungsi sebagai kartu kontrol dalam pelayanan. Melalui aplikasi ini, juga akan terdata siapa saja penerima bantuan pemerintah, sehinggga tidak ada lagi warga penerima bantuan yang tak mendapatkan haknya.

Bagi warga yang tidak memiliki smartphone tetap akan mendapatkan fasilitas dari sistem ini, mereka akan dibuatkan kartu SIPAKATAU.

“Di kantor lurah akan disediakan sistem aplikasi yang bisa diakses dengan menggunakan QR code, sehingga langsung dilayani sama petugas. Cukup membawa kartu dan menempelkan QR codenya,” jelas Muammar.

Ketua Banteng Muda PDIP Pangkep ini menambahkan, salah satu misi RAMAH mewujudkan tata kelola pemerintahan profesional, bersih, efektif, responsif dan terpercaya.

“Bersama kita wujudkan good governance (tata kelola pemerintahan yang baik). Pelayanan yang prima dan cepat, adaptif terhadap perkembangan zaman dan teknologi,” ujarnya.

Pasangan nomor urut dua ini berharap dukungan masyarakat agar dapat terpilih memimpin Pangkep.

“Kita ingin memberi yang terbaik bagi tanah kelahiran. Olehnya kami mohon doa dan dukungan untuk RAMAH Magello Mentong,” ujarnya. (*)