Senin, Maret 1, 2021

Rakor OPD Pemkot Palopo, FKJ: Bangga Kencana untuk Tingkatkan Pendapatan Keluarga Akseptor

Populer

PALOPO, Linisiar.id – Rapat koordinasi (rakor) antara OPD lintas sektor untuk pelaksanaan program secara terpadu dan terintegrasi dalam upaya pelaksanaan program Bangga Kencana, khususnya dalam Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) dilaksanakan di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kota Palopo, Jumat 5 Februari 2021.

Plt. DPPKB Kota Palopo Farid Kasim, SH, M.Si., MH menyampaikan, paradigma dari BKKBN tidak lagi mengatakan prioritas alat kontrasepsi.

Tapi paradigma baru BKKBN saat ini sangat luas kepada aksi-aksi peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui program Bangga Kencana.

UPPKA merupakan sasaran baru yang merupakan langkah awal tahun 2021 dengan target 10.000 akseptor. UPPKA ini memang diperintahkan untuk koordinasi lintas sektor yang telah mendapat petunjuk dari Kemendagri.

Isinya menyebutkan, salah satu program dari pemerintah pusat saat ini adalah meningkatkan pendapatan pada keluarga.

Adapun tujuannya salah satunya yaitu menumbuhkan dinamika kelompok dan mengisi kegiatan ekonomi produktif, sehingga dapat menjamu secara luas.

Kemudian mengembangkan kegiatan sosial ekonomi khususnya para wanita yang ikut sebagai peserta, memberikan tambahan pengetahuan atau edukasi dan pengalaman berorganisasi maupun mengatur administrasi keuangan.

Selama pemantauan di lapangan ini cukup menjadi perhatian karena ada beberapa kelompok seperti salah satu kelompok wanita tani yang telah berjalan sesuai dengan inisiatif warga yang telah membentuk kelompok, namun masih ada problem yang harus disikapi salah satunya adalah pasar.

Di program bangga kencana ingin mengetahui dan tercatat setiap saat bahwa data atau pendapatan dari pembinaan yang dilakukan oleh tim kerja nantinya itu jelas berapa income dari keluarga yang bergabung dalam sebuah kelompok.

Apakah dari hasil pembinaan kelompok itu membuahkan hasil yang dapat bermanfaat secara ekonomi bagi rumah tangga dan ini akan kami lakukan bersama kader.

Berapa pendapatan masing-masing rumah tangga yang bergabung dalam kelompok wanita tani.

Kemudian kelompok nelayan dan kelompok lainnya akan betul-betul kita cek, apakah ada pengaruh atau perubahan dari income masing-masing kepala keluarga setelah bergabung di kelompok usaha ekonomi produktif.

Terkait kelompok tim kerja dari OPD, telah memiliki kelompok binaan masing-masing. Tinggal pengintegrasian bahwa anggota dari kelompok yang telah dibina selama ini merupakan peserta dalam program Bangga Kencana.

Sekretaris Daerah Kota Palopo Drs. Firmanza DP, SH., M.Si menyampaikan, salah satu program dari pemerintah pusat adalah bagaimana kita mensukseskan program Bangga Kencana. Kota Palopo satu-satunya yang telah menjalankan program Bangga Kencana.

Daerah lain masih melakukan perencanaan, tapi Kota Palopo sudah turun di lapangan. Hal ini tidak lepas dari peran DPPKB bagaimana kita dapat menyukseskan program nasional ini.  

Rapat dihadiri Kadis Pertanian Palopo Ibnu Hasyim, Kadis Sosial Awaluddin, Kadis Ketahanan Pangan Tirmidzi, Kadis Pendidikan Syahruddin, Kadis Koperasi dan UKM Dra. Hj. Munasirah, serta undangan lainnya. (*)

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru