Jumat, Februari 26, 2021

Proses Vaksinasi Covid-19 di Sinjai Dilakukan Serentak

Populer

SINJAI,linisiar.id – Proses pencanangan vaksinasi Sinovac di Sinjai secara serentak mulai hari ini, Senin (1/02/21) dilaksanakan.

Tahap pertama vaksinasi diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (Nakes) dan dilakukan di 16 Puskesmas yang ada di 9 Kecamatan yang ada di Sinjai, serta juga dilakukan di Rumah Sakit.

Seperti halnya di Puskesmas Balangnipa Kecamatan Sinjai Utara yang mulai melaksanakan vaksinasi untuk tenaga kesehatannya.

Kepala Puskesmas Balangnipa dr. Aliawati Albek saat ditemui mengatakan proses vaksinasi ini mulai dilaksanakan dan akan terus dilakukan secara bertahap sesuai peraturan yang sudah dianjurkan.

“Untuk Nakes di Puskesmas Balangnipa sendiri total ada 146 orang, termasuk tenaga honorer dan PNS. Namun yang ditargetkan menerima vaksin Covid-19 ada 91 orang, karena 55 orang lainnya pernah terkonfirmasi positif corona, ” ujarnya.

Untuk hari pertama ini kata Aliawati ada 23 tenaga kesehatan yang akan mendapatkan suntikan vaksin khususnya nakes PNS yang bertindak selaku penanggung jawab Unit, Penanggung Jawab Program dan Kepala Pustu. Dalam sehari jumlah vaksinasi dibatasi, demi menjaga pelayanan terhadap masyarakat tetap maksimal.

“Hari ini yang teregistrasi 23 orang, namun tidak semuanya yang disuntik vaksin karena ada 6 orang yang tidak lolos screening sesuai dipersayaratkan. Jadi yang tidak lolos ini akan ditunda di lain waktu, ” jelasnya.

Adapun yang tidak lolos screening ini karena kesehatannya terganggu, seperti mengalami hipertensi, batuk, pilek dan penyakit lainnya. Tetapi masih bisa memungkinkan untuk sembuh, dan bisa dilakukan vaksinasi.

Di waktu yang bersamaan, sejumlah tenaga kesehatan di Puskesmas Samataring Kecamatan Sinjai Timur juga tidak lolos screening karena tidak memenuhi syarat.

“Dari 40 nakes yang kita rencanakan hari ini disuntik vaksin Covid-19, hasil screening yang dinyatakan bisa divaksin 22 orang karena ada yang sebelumnya terkonfirmasi positif dan ada juga yang memiliki gangguan kesehatan lainnya, ” kata Kepala Puskesmas Samataring, Bahraeni Bakri.

Adapun jumlah Nakes yang siap divaksinasi di Puskesmas Samataring yaitu 102 orang. Vaksinasi ini akan dilakukan secara bertahap dengan jangka waktu selama tiga hari namun tidak dilakukan secara berturut-turut.(*)

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru