Minggu, Maret 7, 2021

Presiden BEM Wakili IAIN Palopo Ikut Pelatihan Pimpinan Mahasiswa Tingkat Nasional

Populer

PALOPO, Linisiar.id – Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam bekerjasama dengan Rumah Moderasi Beragama UIN Walisongo menggelar Diklatpimnas di Jakarta pada 28-31 Desember 2020 lalu.

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IAIN Palopo, Muhaimin Ilyas, menjadi salah satu peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Nasional (Diklatpimnas) 2020 sebagai wakil IAIN Palopo.

Para peserta sebelum ikut pelatihan tingkat nasional, harus mengikuti serangkaian pelatihan yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom di rumah masing-masing yang berlangsung 20-26 Desember 2020 lalu.

Dalam melaksanakan kegiatan selama enam hari tersebut, peserta diharuskan mengikuti beberapa agenda seperti diskusi, karya tulis, refleksi hingga penugasan.

Beberapa agenda kegiatan tersebut dilaksanakan rutin mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB.

Setelah mengikuti pelatihan online, Muhaimin Ilyas dinyatakan lulus dan berhak ikut pelatihan mahasiswa tingkat nasional berdasarkan pengumuman panitia melalui nomor surat B.2978.1/DJ.I/Dt.I.III/ KP.02.3/12/2020.

Muhaimin Ilyas berhak mewakili IAIN Palopo bersama dengan mahasiswa-mahasiswi lain yang merupakan delegasi PTKIN dan PTKIS se-Indonesia.

Pada kesempatan itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak aktivis mahasiswa pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) melakukan kontra narasi terhadap isu-isu keagamaan yang intoleran.

“Saya berharap, Anda semua bisa menjadi agen moderasi beragama dengan daya kepemimpinan yang dimiliki. Kepemimpinan wacana, literasi yang diimbangi dengan kemampuan data akan sangat penting,” kata Menag, yang menjadi salah seorang pembicara.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh perwakilan aktivis mahasiswa pada PTKI di seluruh Indonesia. (Ayub Sadega)

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru