Pjs Bupati Lutim Kunjungi Bawaslu, Ingatkan Pentingnya Integritas Penyelenggara Pilkada

Pjs Bupati Lutim, Jayadi Nas (empat dari kanan) siilaturahmi di kantor Bawaslu Lutim, Senin (5/10/2020).

LUTIM, Linisiar.id – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Luwu Timur, Jayadi Nas, mengunjungi Sekretariat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Senin (5/10/2020).

Kedatangan Pjs Bupati Lutim disambut Ketua Bawaslu Lutim, Rahman Atja dan anggota Bawaslu lainnya.

Sebelumnya, Jayadi Nas mengunjungi dua pasangan calon (paslon) yang maju di Pilkada Lutim 2020, Muh Thorig Husler-Budiman dan Irwan Bachri Syam-Andi Rio Pattiwiri.  

Dalam kunjungan silaturahminya, Jayadi menekankan pentingnya Bawaslu menjaga integritas sebagai bagian dari penyelenggara Pemilu (Pilkada 2020).

Menurutnya, harus ada kesamaan persepsi antara Bawaslu dan KPU dalam memahami dan menerapkan aturan yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu.

“Integritas sebagai penyelenggara Pemilu itu penting sekali. Dengan memiliki integritas, maka pelaksanaan Pemilu yang demokratis dapat diwujudkan,” jelasnya.

Mantan Ktua KPU Provinsi Sulawesi Selatan ini juga telah mengingatkan para ASN agar menjaga netralitasnya.

“Saya sudah sejak awal ingatkan ASN, jangan ada gerakan tambahan karena sanksinya sangat jelas diatur,” tambahnya.

Menutup arahannya, Jayadi mengajak Bawaslu dan KPU agar terus bersinergi dan berkoordinasi. Pahami aturan pelaksanaan Pemilu dengan baik, sehingga tidak menimbulkan kegaduhan di kemudian hari.

Terakhir, ia kembali mengingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam setiap tahapan Pilkada.

Bahkan Jayadi berharap, di sebagian alat sosialisasi Bawaslu yakni spanduk dan balihonya juga terdapat ajakan untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (*)