Perjuangan Andi Yuliani Paris, Ribuan Nelayan Wajo Dapat Konverter dan Tabung Gas

WAJO, Linisiar.id – Kabar gembira bagi nelayan dan petani di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Pemerintah terus melanjutkan program konversi energi untuk nelayan dan petani. Konversi energi ini mengubah bahan bakar yang digunakan oleh nelayan dari solar menjadi Liquified Petroleum Gas (LPG) dengan menggunakan konverter kit.

Program ini diinisiasi oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam rangka diversifikasi penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) guna mendukung ketahanan energi.

“Alhamdulillah, tahun 2020 sebanyak 1.372 nelayan akan mendapatkan bantuan konverter dan tabung gas 3kg. Sedangkan 1.141 petani Wajo akan mendapatkan bantuan pompa air dengan tabung gas 3kg,” kata anggota DPRD Kabupaten Wajo, Andi Muh. Sarwan kepada Linisiar.id, Kamis (29/10/2020).

Menurut Muh. Sarwan, bantuan konverter kit merupakan wujud kepedulian kepada nelayan dan bertujuan untuk menurunkan biaya bahan bakar.

“Juga merupakan bagian dari program konversi BBM ke gas, dimana sebagian besar nelayan masih menggunakan solar untuk melaut,” katanya.

Legislator Franksi PAN DPRD Wajo ini mengemukakan, pemanfaatan gas sebagai bahan bakar untuk kapal penangkap ikan nelayan akan membawa tiga keuntungan.

Pertama, penghasilan nelayan akan meningkat seiring menurunnya pengeluaran untuk konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Kedua availability, ketersediaan lebih mudah jika dibandingkan membeli solar. Ketiga, lebih ramah lingkungan.

“Pembagian converter kit akan dialokasikan bagi nelayan-nelayan kecil yakni dengan kapasitas kapal dibawah 5  Gross Tonnage (GT). Kita harapkan dua bulan terakhir d itahun ini sudah seluruhnya diberikan,” ujarnya. 

Terkait bantuan tersebut, Sarwan menegaskan, ini semua berkat dorongan dari anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PAN, Hj. Andi Yuliani Paris (AYP) yang terus memperjuangkan bantuan aspirasi.

“Insya Allah tahun 2021, bantuan serupa bagi nelayan dan petani di Kabupaten Wajo dapat kembali tersalurkan,” harapnya. (*)