Percakapan Wagub dan Mentan Soal Sawah Kering di Bone

saluran irigasi persawahan di kabupaten Bone. (IST)

MAKASSAR, Linisiar.ID – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Sudirman Sulaiman, mendampingi Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Bone, Minggu (23/9).

Sepanjang perjalanan, keduanya melihat kondisi persawahan yang ada dan mendapati sawah kering di sepanjang jalur sungai.

“Coba lihat sawah kering sepanjang jalur sungai, jaraknya hanya beberapa meter. Ini harus sinergi antara Pemerintah Pusat, Pemprov Sulsel dan kabupaten,” kata Amran kepada Sudirman.

Ia pun meminta Sudirman untuk berhubungan dengan salah seorang Dirjen di Kementrian Pertanian, untuk mengambil langkah penanganan.

“Nanti berhubungan dengan Dirjen saya, sekalian kunjungan ke Taiwan untuk liat metode irigasi teknis yang baik” sebutnya.

Sudirman juga sependapat, bahwa sawah yang berada di sekitar lokasi sumber air seharusnya tidak kering dan suplai air selalu tersedia.

“Tidak pantas sawah kering di sekitar sumber mata air dan jalur sungai, pemerintah harus hadir selesaikan,” ujar adik kandung dari Mentan itu.