Senin, September 27, 2021

Pemkot Palopo Gelar Rapat Persiapan Evaluasi SAKIP, Begini Permintaan Asisten III

Populer

PALOPO, Linisiar.id – Rapat koordinasi progres persiapan pelaksanaan Evaluasi SAKIP Tahun 2021 dan Raformasi Birokrasi Tahun 2021 berlangsung d iAula Bappeda Kota Palopo, Selasa 31 Agustus 2021.

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Di dalamnya menyebutkan, SAKIP merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklarifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah.

SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Dalam hal ini, setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku.

Asisten III Pemkot, dr. Ishak Iskandar dalam rapat koordinasi berulang kali menyampaikan pentingnya mencermati sistem pelaporan kinerja ini.

“Kiranya dalam mengerjakan SAKIP ini mesti benar-benar dilakukan dengan baik dan benar,” ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri di OPD Se-Kota Palopo dengan berjadwal, mengingat pentingnya protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19. (*)

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru