Pemkab Lutim Salurkan Bantuan Sosial Beras untuk 7.514 Keluarga Penerima Manfaat

Pjs Bupati Lutim Jayadi Nas menyalurkan secara simbolis bansos beras, Selasa (6/10/2020)..

LUTIM, Linisiar.id – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur (Pemkab Lutim) melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Lutim melakukan launching Bantuan Sosial Beras (BSB) tahun 2020 kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Aula Rujab Bupati, Selasa (6/10/2020).

Peluncuran program Kementerian Sosial RI ini dilakukan secara simbolis ditandai dengan penyerahan beras oleh Pjs. Bupati Lutim, Dr. Jayadi Nas, didampingi Kepala Dinas Sosial Lutim, Sukarti, Pimpinan Perum BULOG Palopo dan PT. DNR, kepada enam perwakilan KPM PKH Lutim.

Turut menyaksikan pemberian BSB tersebut, para camat dan perwakilan kepala desa (kades) se-Kabupaten Luwu Timur.

Kepala Dinas Sosial Lutim, Sukarti menyampaikan bahwa BSB ini disalurkan secara serentak di 11 kecamatan se-Kabupaten Lutim dengan total jumlah KPM PKH yang menerima bantuan sebanyak 7.514.

Bantuan BSB ini akan diberikan selama tiga bulan, dan setiap bulan KPM PKH menerima beras sebanyak 15 kg.

“Jadi setiap KPM PKH akan menerima 45 kg untuk bulan Agustus, September, dan Oktober,” jelasnya.

Pjs. Bupati Lutim, Dr. Jayadi Nas mengatakan, bantuan ini merupakan salah satu upaya Pemkab Lutim untuk meringankan beban masyarakat di masa pandemi seperti saat ini.

“Kementerian Sosial melaksanakan program Bantuan Sosial Beras sebagai program Jaring Pengaman Sosial bagi kelompok masyarakat miskin dan rentan miskin yang terdampak Covid-19,” ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan Bantuan Sosial Beras ini juga dapat mendukung Perum BULOG dalam melaksanakan tugasnya untuk menjaga stabilitas ketersediaan pangan nasional atau penguatan cadangan pangan pemerintah.

Penyaluran bansos beras kemudian akan meningkatkan kemampuan Perum BULOG dalam menyerap beras atau gabah dari petani, sehingga secara tidak langsung dapat menjaga dan meningkatkan kesejahteraan para petani. (*)