Selasa, April 13, 2021

Luwu Resmi Canangkan Vaksinasi, Bupati Beri Piagam untuk Penerima Vaksin Perdana

Populer

LUWU, Linisiar.id – Pemerintah Kabupaten Luwu melalui  Dinas Kesehatan Luwu bekerjasama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, melakukan Pencanangan Vaksinasi Covid-19 yang dipusatkan di halaman Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Belopa, Kelurahan Tanamanai, Kecamatan Belopa, Kamis (4/2/2021).

Pencanangan dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Dokter Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia, Pengurus KNPI, IPMIL, Pemuda Pancasila, PSC 119, tokoh masyarakat, dan tokoh agama, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang memantau langsung pencanangan dan penyuntikan perdana vaksin Covid-19 jenis Sinovac.

Kapolres Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto menjadi orang pertama di Kabupaten Luwu yang menerima suntikan vaksin Sinovac.

Menyusul Wakil Ketua DPRD, Zulkifli, Danramil Belopa, Kapten CBA Marthen Luther, Ketua MPC Pemuda Pancasila sekaligus Sekretaris BKPSDM Luwu, Andi Muhammad Ahkam Basmin.

Ketua PSC 119 Kab Luwu, Andi Muhammad Arham Basmin, Direktur RSUD Batara Guru, dr Daud Mustakim, Ketua Apdesi, Andi Muhammad Arfan Basmin, Pengurus Ikatan Dokter Indonesia, dr Adi Sastrawijaya, Pengurus PSC 119 Luwu, Rajiev Noer, Pengurus PPNI Luwu, Iskandar, Pengurus KNPI, Andi Baso Amri Yasir.

Kemudian Ketua IPMIL, Muhammad Reski Sujono, Pengurus MPC Pemuda Pancasila, Agus Usman dan Sekretaris BPBD, Aminuddin.

Sementara Pj. Sekda Luwu, H Sulaiman, Ketua Pengadilan Agama, Lia Yuliasih dan Kasi Intel Kejari Luwu, Jainuardy Mulia batal menerima suntikan vaksin Covid-19, karena tidak memenuhi syarat untuk divaksin.

Bupati Luwu memberikan apresiasi yang tinggi kepada mereka yang ikut mensukseskan pencanangan vaksinasi di Kabupaten Luwu.

“Vaksinasi ini sebagai upaya pemerintah dalam mengendalikan dan penanggulangan pandemi Covid-19, sehingga pada hari ini Pemerintah Kabupaten Luwu memberikan apresiasi yang tinggi pada semua pihak yang ikut berperan mensukseskan pencanangan vaksinasi Covid-19,” kata bupati.

“Kepada penerima suntikan vaksin perdana pada pencanangan vaksinasi ini, Pemerintah Kabupaten Luwu memberikan piagam penghargaan sebagai bentuk apresiasi, penghargaan dan penghormatan,” tambahnya.

Sebelumnya, Pencanangan Vaksinasi Covid-19 dibuka secara resmi oleh Ketua Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang juga Kapolres Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto.

Dalam sambutannya, AKBP Fajar Dani Susanto mengatakan bahwa secara regional, Kabupaten Luwu merupakan salah satu dari 17 kabupaten yang tertinggi kasus Covid-19.

Posisi ini memberi gambaran upaya strategis yang telah dilakukan selama ini, baik berupa tracing, testing dan edukasi.

Upaya tracing terhadap seluruh kasus terkonfirmasi yang dilakukan untuk sesegera mungkin menemukan kasus-kasus tambahan agar secepatnya melakukan upaya memutuskan mata rantai penularan. (*)

Di akhir sambutannya, AKBP Fajar Dani Susanto menghimbau seluruh lapisan masyarakat untuk selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan bagi diri sendiri dan keluarga.

“Pemberian vaksinasi tidak mengganti protokol kesehatan. Mari kita sukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Tetap jaga daya tahan tubuh dengan perilaku hidup sehat,” ucap AKBP Fajar Dani Susanto

Plt Kepala Dinas Kesehatan Luwu, dr Rosnawary Basir melaporkan bahwa kegiatan Pencanangan Vaksinasi Covid-19 untuk tahap pertama memprioritaskan tenaga kesehatan dan tenaga penunjang sebanyak 2.118 orang yang tersebar di 22 puskesmas dan 2 rumah sakit yang ada di Kabupaten Luwu.

“Pelaksanaan vaksinasi hari ini diprioritaskan bagi tenaga kesehatan dan tenaga penunjang lainnya yang berjumlah 2.118 orang berdasarkan data aplikasi SI-SDMK,” katanya.

 “Vaksinasi dilakukan secara serentak di 22 puskesmas dan 2 rumah sakit, yaitu RSUD Batara Guru Belopa dan RS hikmah Belopa,” tambahnya.

Dilaporkan pula, serah terima vaksin Covid-19 dan logistik vaksinasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan kepada Dinas kesehatan Luwu pada Kamis (28/1/2021) lalu.

Rinciannya Vaksin Sinovac sebanyak 4.040 vial dan logistik vaksin berupa Auto Disible Syringe (ADS) 0,5 ml sebanyak 4.242 buah, Savety box kapasitas 5 liter sebanyak 42 buah dan alcohol swab 81 buah. (*)

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru