Kunjungi Kecamatan Nuha, Pjs Bupati Lutim Bahas Netralitas ASN di Pilkada dan Covid-19

LUTIM, Linisiar.id – Penjabat sementara (Pjs) Bupati Luwu Timur, Dr. Jayadi Nas, melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kecamatan Nuha, Rabu (30/09/2020).

Kedatangan Pjs. Bupati Lutim bersama rombongan disambut oleh Camat Nuha, Aswan Azis bersama dengan kepala desa dan lurah.

Dalam lawatan ke kecamatan pertama itu, Pjs. Bupati Luwu Timur melakukan silaturahmi dengan camat, para kepala desa/lurah, serta tokoh masyarakat.

Rapat Koordinasi Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dan pemerintah Kecamatan Nuha berlangsung di Ruang Rapat Kecamatan Nuha.

Sejumlah arahan penting yang disampaikan Pjs. Bupati Lutim. Diantaranya terkait pilkada, dimana para kades dan lurah diminta untuk netral berdasarkan aturan.

Menurutnya, netralitas dari ASN adalah poin utama dalam pilkada tahun ini. Terutama para camat dan kades/lurah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

“Terkait Pilkada 2020, saya imbau agar para kepala desa menjaga kondusifitas, pelayan masyarakat harus mampu menempatkan diri dan bersikap netral, perbedaan merupakan suatu rahmat untuk mencari pemimpin yang terbaik,” ujarnya.

“Luwu Timur termasuk daerah kedua terawan di Sulawesi Selatan, tetapi saya yakin dalam pilkada tidak akan terjadi gesekan antara pendukung karena hal tersebut bukan karakter masyarakat Luwu Timur,” tambahnya.

Selain terkait pilkada, penanganan Covid-19 pun tak luput dari perhatiannya. Pjs. Bupati yang juga sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulawesi Selatan ini mengatakan, masalah penanganan covid harus menjadi kesiagaan bersama.

“Di Luwu Timur ini, semenjak kami datang, sesuai informasi yang kami terima, sudah mencapai 1.331 orang yang positif Covid-19, dan yang sembuh 1.135 orang, meninggal sudah 7 orang, sisa yang dirawat 189 orang, pasien berikutnya dapat sembuh sehingga Luwu Timur ini bisa menjadi contoh di Sulawesi Selatan terkait penanganan Covid-19,” katanya.

Menurutnya, untuk menghadapi Covid-19, perlu kerjasama dan kesadaran diri sendiri. Ia berharap, aparatur pemerintah selaku pengayom masyarakat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

“Selaku ASN, kita dulu yang harus mulai. Baik dari keluarga, dan di lingkungan kantor untuk menjaga kondisi bebas dari virus itu,” ucapnya.

Di akhir sambutannya,Jayadi Nas mengatakan, akan mencanangkan program “Luwu Timur Bermasker, Maskermu Melindungiku, Maskerku Melindungimu” dengan menghadirkan Gubernur Sulawesi Selatan.

Menurutnya, pencanangan ini sekaligus bisa menjadi percontohan bagi kabupaten lain di Provinsi Sulawesi Selatan dalam mengkampanyekan penggunaan masker untuk mencegah penularan Covid-19.

Selain berkoordinasi untuk menggulirkan roda pemerintahan jelang Pilkada 2020, Pjs. Bupati juga berkesempatan mengunjungi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mompamula yang dikelola Pemerintah Desa Sorowako.

Ia mengapresiasi langkah BUMDes yang telah menyediakan beberapa jasa layanan kepada masyarakat. (*)