Senin, Juni 14, 2021

Kondisi Jalanan Memprihatinkan Jika Longsor, Warga Rampi Berharap Penyediaan Alat Berat

Populer

LUTRA, Linisiar.id – Rampi merupakan salah satu kecamatan yang ‘terpencil’ berada di Kabupaten Luwu Utara (Lutra).

Rampi memiliki enam desa yaitu Desa Leboni, Sulaku, Onondowa, Dodolo, Rampi, dan Tedeboe. Adapun ibu Kecamatan Rampi adalah Desa Onondowa.

Jarak ke Kecamatan Rampi sekitar 86 km dari Kota Masamba, ibukota Kabupaten Lutra.

Akses menuju ke Kecamatan Rampi ada dua yaitu melalui udara, yakni naik pesawat dan darat dengan naik ojek yang telah dimodifikasi seperti motor trail.

Salah seorang warga Rampi, Saldin kepada media, Minggu (30/5/2021) pagi mengemukakan, kondisi jalanan menuju ke Kecamatan Rampi yang sangat sulit dilalui kendaraan roda dua.

“Kondisi jalan yang kami lalui itu tergantung cuaca juga, jika musim hujan bisa dua hari dua malam di perjalanan,” kata Saldin.

Ia menambahkan, jika terjadi longsor antara Rante Manu dan Dusun Saluseba yang membuat para ojek Rampi harus kembali sebab aksesnya jalanya tak bisa dilalui akibat longsor.

“Tapi jika musim kemarau, maka hanya dibutuhkan waktu kadang 12 jam itu bagi mereka para ojek yang sudah berpegalaman,” tambah Saldin.

Ia berharap pemerintah mengupayakan perbaikan akses jalan menuju ke Rampi, utamanya saat musim hujan yang kadang terjadi longsor tidak disiapkan alat pembenahan longsor tersebut berupa alat berat.

Namun, Saldin bisa memaklumi pemerintah daerah yang sedang fokus melakukan pemulihan ekonomi karena pandemi Covid-19.

Warga hanya berharap perawatan khusus jalan jika terjadi longsor menuju ke Kecamatan Rampi. Harus ada alat berat untuk perbaikan, jika tanah longsor. (Ayub Sadega)

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru