Ketua PKK Palopo Ikuti Pelantikan Pengurus PKK Pusat Secara Virtual

PALOPO, Linisiar.id – Ketua TP PKK Kota Palopo dr. Hj. Utia Sari Judas, M.Kes didampingi pengurus PKK Kota Palopo mengikuti pelantikan pengurus TP PKK Pusat Masa Bakti 2020-2024 secara virtual yang dilaksanakan di Ruang Bappeda Palopo, Rabu (11/11/2020).

Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian yang juga selaku Ketua Pembina TP PKK Pusat secara resmi melantik kepengurusan TP PKK Pusat masa bakti 2020-2024.

Dalam sambutannya, Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian menyampaikan, tujuan utama dari PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtera yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian, serta keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin.

Hal ini tentu menjadi tantangan bagi kita semua bagaimana menjalankan perangkat PKK melalui 10 program pokoknya apabila program  tersebut telah membudaya maka PKK dapat menjadi pilar yang kokoh yang tidak hanya fokus pada kesejahteraan tapi juga dapat terlibat aktif dalam permasalahan bangsa lainnya.

Lanjutnya seperti menekan laju pertumbuhan penduduk, mencegah bahaya narkoba, kenakalan remaja, minimalisir dampak negatif perkembangan teknologi, informasi di media sosial dan tentu kesehatan masyarakat secara umum.

Untuk mewujudkan tujuan gerakan PKK, kebersamaan dan sinergitas bersama kementerian dan lembaga lain mengingat PKK sebagai mitra pemerintah. Karena itu, tema yang diangkat dalam pelantikan ini adalah TP PKK bekerja untuk pemerintah mewujudkan Indonesia maju.

Tri juga meminta dukungan dari Menteri Dalam Negeri melalui program sinergi PKK untuk lebih berkembang dan berkarya lebih luas lagi.

“Bangsa Indonesia masih menghadapi pandemi Covid-19, dimana TP PKK sebagai mitra kemendagri telah bergerak dan terlibat aktif dalam penanganan dampaknya. Tentu hal ini juga sesuai arahan Presiden RI dengan gerakan sosialisasi memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” katanya.

Diharapkan TP PKK tingkat pusat dan daerah terus memperkuat koordinasi serta mengoptimalkan seluruh potensi agar dapat menyukseskan program pencegahan dan penanganan dampak Covid-19.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian selaku Ketua Pembina TP PKK Pusat menyampaikan, eksistensi PKK dalam meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan keluarga telah mendapat tempat di hati masyarakat dan bahkan menjadi aset bangsa. (*)