Sabtu, Agustus 13, 2022

Ketua KNPI Sulsel Imbau Pemuda tak Bikin Acara Tahun Baru untuk Tekan Covid-19

Populer

MAKASSAR, Linisiar.id – Pasca Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di beberapa daerah di Sulsel, penyebaran Covid-19 mengalami peningkatan yang signifikan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Selatan yang dilansir infocorona.makassar.go.id pertanggal 16 Desember 2020, tercatat sebanyak 11.339 kasus. Sulsel kini menjadi peringkat ke-4 nasional penyebaran Covid-19.

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulsel, Muhammad Arham Basmin mengungkapkan, kondisi itu memang sesuai prediksi sebelumnya. Bahwa setelah pilkada, jumlah warga yang positif Covid-19 akan meroket.

Untuk menekan penyebaran Covid-19, Arham meminta kepada pemerintah mulai dari Gubernur, Walikota dan Bupati meningkatkan pengawasan dan lebih mempertegas penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat.

“Untuk daerah yang kebetulan tidak melaksanakan Pilkada, saya berharap kepala daerahnya memberikan imbauan kepada masyarakat untuk sementara waktu tidak menerima kunjungan dari daerah yang baru saja melaksanakan Pilkada, begitupun sebaliknya. Tunda kunjungan ke daerah yang baru melaksanakan pilkada,” kata Arham, Jumat (18/12/2020).

Ia juga mengingatkan kepada semua pihak jelang cuti bersama menyambut Natal dan Tahun Baru. Sebab, sudah menjadi kebiasaan masyarakat, malam pergantian tahun diisi dengan berbagai kegiatan yang bisa menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19.

“Ini perlu diantisipasi. Kepala daerah, camat, lurah hingga kepala desa, untuk lebih memperketat lagi wilayahnya dengan memberikan imbauan agar lebih disiplin menjalankan protokoler kesehatan,” katanya.

Saran Arham, sebaiknya tidak ada kegiatan atau acara yang mengumpulkan banyak orang.

“Ini juga imbauan kepada seluruh pemuda. Jangan sampai, kegiatannya pada malam tahun baru menjadi klaster baru penyebaran Covid-19,” katanya.

Ia berharap kesadaran yang tinggi dari seluruh pihak, agar penyebaran Covid-19 bisa ditekan. (*)

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru