Selasa, April 13, 2021

Kepala Balitbangda Kota Palopo Andi Enceng, SE, M.Si “Menjadi Inspirasi bagi Rekan Kerja dan Keluarga”

Populer

PALOPO, Linisiar.id – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Palopo merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berdiri sejak akhir 2016 lalu, berdasarkan Peraturan Daerah Kota Palopo Nomor 08 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

Pada akhir Desember 2020 lalu, Walikota Palopo Drs. H.M. Judas Amir, MH, mempercayakan amanah kepada Andi Enceng, SE.,M.Si sebagai Kepala Balitbangda Palopo.

Ia dilantik bersama sejumlah Pejabat Eselon II Pimpinan Tinggi Pratama lainnya dan Pejabat Administrator lingkungan Pemkot di ruang pertemuan Ratona Kantor Walikota Palopo, Rabu, 30 Desember 2020.

Mengacu pada fungsi Balitbangda sebagai institusi penelitian, lantas penelitian apa yang sudah dilakukan dan dihasilkan Balitbangda selama kepemimpinan Andi Enceng untuk kota yang berjuluk Kota Idaman ini?

Kepada Linisiar.id di ruang kerjanya belum lama ini, Andi Enceng, mengatakan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Palopo bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Palopo melakukan uji publik dan penelitian rencana penyesuaian Zona Nilai Tanah (ZNT) atau Nilai Indikasi Rata-Rata (NIR) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Andi Enceng menjelaskan, berdasarkan Undang-Undang No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Pemerintah Daerah dapat menetapkan besaran NJOP Bumi dan Bangunan setiap 3 (tiga) tahun, kecuali untuk objek pajak tertentu dapat ditetapkan setiap tahun sesuai dengan perkembangan wilayahnya.

Penentuan NJOP PBB dilakukan dengan membentuk NIR dalam setiap ZNT. NIR diperoleh dari harga rata-rata transaksi jual beli yang terjadi secara wajar dan telah dilakukan penyesuaian.

Hasil penelitian itu berupa rekomendasi yang diberikan kepada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Palopo bahwa dapat dilakukan penyesuaian ZNT/NIR Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Namun hal tersebut tetap harus mempertimbangkan kemampuan masyarakat. Apalagi saat ini tengah terjadi pandemi Covid-19 yang menyebabkan menurunnya perekonomian masyarakat.

Sementara itu ditengah kesibukannya sekarang, Andi Enceng, SE.,M.Si atau akrab disapa Optar juga memiliki hobi membuat hiasan bunga.

sebagai seorang pimpinan OPD yang juga sebagai seorang ibu rumah tangga, tidak melupakan kewajibannya dan selalu memberikan waktu berkualitas kepada ke 3 buah hatinya.

Begitu juga dengan hari libur yang dimanfaatkan sebaik mungkin untuk keluarga.

Menurut Andi Enceng, SE.,M.Si untuk menjadi seorang wanita karir yang sukses, diperlukan beberapa hal, yaitu adanya role model atau teladan dari keluarga.

“Di keluarga, ayah dan ibu saya adalah abdi negara. Ayah saya adalah seorang ASN dan ibu saya mengemban amanah sebagai seorang anggota DPRD Kabupaten Luwu pada masa jabatannya,” katanya.

“Ibu saya begitu menginspirasi dan menjadi teladan bagi saya, karena ditengah kesibukannya dia tidak melupakan kewajibannya mengasuh anaknya yang berjumlah 6 orang dan mengurus rumah tangga,” tambahnya.

Hal itulah yang memotivasi dirinya untuk menjadi wanita yang sukses dalam karir dan keluarga.

“Dengan motivasi dari keluarga kita dapat mencapai yang terbaik dalam karir. Keluarga sumber motivasi kita,” ungkapnya.

Kita harus selalu memberikan yang terbaik dalam bekerja. Walaupun menghabiskan sebagian waktu ditempat kerja tetapi Optar sapaan akrabnya tetap memberikan Quality Time buat keluarga.

Ia berkata sebagai wanita karir, harus pandai-pandai membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga agar semuanya dapat berjalan dengan baik.

Terakhir, sebagai wanita karir, harus saling memberikan semangat dan motivasi kepada sesama wanita yang bekerja. Karena perjalanan karir seorang wanita tidak mudah, maka diperlukan dukungan untuk saling menguatkan. (*)

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru