Rabu, Maret 3, 2021

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Luwu Pimpin Penelusuran Arsip Kuno di Baruga Arung Senga

Populer

LUWU, Linisiar.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu melakukan kegiatan penelusuran arsip-arsip kuno di Baruga Arung Senga, Selasa (16/2/2021).

Penulusuran langsung dipimpin Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Luwu Rahmad Arifuddin.

Rahmad  Arifuddin mengatakan pengumpulan itu baik berbentuk naskah, gambar visual maupun berbentuk dokumen lainnya yang terkait kebudayaan dan adat istiadat serta sistem pemerintahan peninggalan sejarah Luwu.

Rahmad menuturkan upaya itu dilakukan untuk melestarikan warisan budaya lokal.

Timnya pun berhasil menemukan salah satu naskah kuno peninggalan Arung Senga yang berbahasa lontara.

“Ini sebagai upaya untuk melestarikan atau bahkan menyelamatkan arsip kuno yang merupakan bukti warisan budaya. Juga menghindari hilangnya informasi sejarah daerah Luwu. Salah satu naskah kuno yang kami temukan itu peninggalan Arung Senga yang berbahasa lontara,” katanya saat dikonfirmasi via WhatsApp, Selasa (16/2/2021).

Dengan penelusuran tersebut diharapkannya, generasi muda mampu memahami adat istiadat serta tatanan kehidupan masyarakat Luwu.

“Semoga generasi muda mengenal dan memahami tatanan kehidupan masyarakat Luwu. Misalnya terkait dengan sistem politik,  ekonomi, sosial budaya serta psikologis yang merupakan identitas. Ini dibutuhkan dalam merelevansikan nilai kebaikan yang ada di zaman lampau untuk ditetapkan dalam tatanan kehidupan generasi saat ini,” ucapnya.

Kontributor: Fatmawati

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru