Kadis Kominfo Palopo: Aplikasi SIPULUNG Disdik Palopo akan Lahirkan SDM Berkualitas

PALOPO, Linisiar.id – Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru di Kota Palopo, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palopo meluncurkan pemanfaatan aplikasi SIPULUNG (Sistem Informasi Pendidik Ulung) yang dilaksanakan di Auditorium Saokotae Palopo, pada Sabtu, 14 November 2020.

Aplikasi SIPULUNG ini merupakan kegiatan pengembangan diri guru melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) berbasis online melalui sistem yang terintegrasi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Plt. Kadis Pendidikan Palopo, Asnita Darwis, S.STP melaporkan, aplikasi SIPULUNG bertujuan demi terwujudnya kegiatan pengembangan diri guru di 7 sekolah pada 4 mata pelajaran yang akan dicapai hingga awal Desember.

Selain itu, dalam tujuan jangka menengah, agar terwujudnya kegiatan pengembangan diri guru di sekolah SMP pada semua mata pelajaran.

Kemudian tujuan jangka panjang terwujudnya pengembangan diri guru baik pada kegiatan MGMP pada jenjang PAUD dan SD di Kota Palopo.

Sementara itu, launching aplikasi SIPULUNG secara resmi ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Palopo, Baso Akhmad mewakili Walikota Palopo.

Dalam sambutannya, Baso Akhmad menyampaikan apresiasi atas inovasi yang dikembangkan oleh Dinas Pendidikan Palopo demi peningkatan kompetensi guru di Kota Palopo.

“Dengan adanya pembangunan aplikasi SIPULUNG ini di Palopo, kualitas kompetensi guru sebagai tenaga pendidik semakim berkualitas, sehingga mampu melahirkan SDM yang berkarakter dan berkualitas kedepannnya,” ujarnya.

Sejalan dengan itu, Kota Palopo sebagai salah satu daerah tujuan pendidikan di Provinsi Sulsel memiliki sejumlah satuan pendidikan yang telah memiliki kualitas yang baik baik di satuan pendidikan formal maupun non formal pada setiap jenjang pendidikan.

Kegiatan launching aplikasi SIPULUNG ini dihadiri beberapa kepala perangkat daerah,kKepala sekolah PAUD, TK, SD dan SMP lingkup Kota Palopo, beserta tamu undangan lainnya. (*)