Ikatan Guru Sukarela Sinjai Gelar Workshop Macca Microsoft Office 365

SINJAI, Linisiar.id – Ikatan Guru Sukarela (IGS) Sinjai menggelar Workshop Macca Microsoft Office 365 Tahap II di SDN 41 Samaenre, Kecamatan Sinjai Selatan, yang diikuti peserta dari Kecamatan Sinjai Selatan, Sinjai Borong, Tellulimpoe, Sabtu – Minggu, 3-4 Oktober 2020.

Workshop Macca ini bertujuan agar penggunaan perangkat media digital dalam pembelajaran dengan bermitra Microsoft Indonesia, diharapkan berkotribusi dalam meningkatkan pengetahuan dan kecakapan literasi media digital dalam memanfaatkan perangkat-perangkat digital ke dalam aktivitas belajar-mengajar.

Dalam Workshop Macca beragam metode, diantaranya demonstrasi, pendampingan, dan kursus daring.

Demonstrasi dilaksanakan secara langsung melalui praktik-praktik pemanfaatan Microsoft Office 365 untuk keperluan edukatif, seperti: pembuatan Microsoft Form, Microsoft Teams, Outlook, Power Point Oline, serta fitur fitur lain tentang microsoft office 365 dan penyimpanan One Drive.

Pendampingan dilakukan melalui tatap muka, daring (online), dan media sosial WhatsApp, untuk menyelesaikan tugas tugas yang diberikan oleh master trainer microsoft.

Tingginya antusiasme peserta dalam pelatihan Microsoft Office 365 merupakan salah satu indikator yang dapat merujuk pada keberhasilan kegiatan.

Ketua IGS Sinjai Abdul Hamid mengatakan, antusiasme peserta terlihat dari frekuensi pertanyaan yang diberikan kepada Master Trainer pada saat peserta mengalami kendala atau kesulitan.

“Beberapa peserta yang berpengalaman tidak merasa canggung saat bertanya kepada peserta lain. Selama pelatihan, peserta berangsur-angsur mengalami peningkatan dalam penguasaan media digital untuk pembelajaran menggunakan fitur-fitur yang ada pada microsoft office 365,” kata Abdul Hamid.

“Selain itu, peserta nantinya akan mendapatkan sertifikat sehingga dapat menjadi kader/pelatih,” ujarmya.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Sinjai A. Jefriyanto Asapa ini  menghadirkan pemateri dari Master Trainer Microsoft 365 masing-masing  Rifyal Mukarram, Rustan Rahman, Syamsul Rijal, dan Muh. Rasyid. (*)