Hujan Tak Menghalangi Upacara Peringatan Korban 40000 Jiwa

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto memimpin upacara peringatan Korban 40000 Jiwa, di Kecamatan Tallo, Selasa (11/12/2018).

MAKASSAR, Linisiar.id – Pemerintah Kota Makassar menggelar upacara Hari Korban 40.000 jiwa, di Monumen Korban 40 Ribu jiwa, Kelurahan La’latang, Kecamatan Tallo, Selasa, (11/12/2018).

Meski diguyur hujan, Upacara yang digelar setiap tahunnya ini berjalan lancar dan dihadiri langsung Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

Camat Tallo, Ruly Nurdin selaku tuan rumah mengatakan, bahwa peringatan Hari Korban 40 ribu jiwa ini, sebuah moment yang menghidupkan terus nilai perjuangan, nilai patriotisme, nilai heroik dan nasionalisme di Sulsel.

“Peringatan Hari Korban 40 ribu jiwa adalah momentum bahwa secara simbolik Sulawesi Selatan dan Kota Makassar mempunyai peranan dan andil yang besar dalam proses kemerdekaan Republik Indonesia yang telah kita raih. Untuk itu sebagai generasi penerus, mari kita hargai apa yang telah mereka korbankan,” jelasnya.

Ruly Nurdin menambahkan, peringatan Korban 40 ribu jiwa yang ke-72 bertujuan mengenang dan mengingat kejadian pembantaian terhadap masyarakat di beberapa daerah di Sulsel, termasuk Kota Makassar pada masa perjuangan Kemerdekaan RI.

“Para generasi saat ini bisa belajar dari semangat para pejuang yang gugur,” jelasnya.

Pelaksanaan upacara dirangkaikan dengan penyerahan berupa bingkisan kepada veteran pejuang kemerdekaan. (*)