Gerakkan Ekonomi Desa, ABM Siap Bantu Petani Cabe

Arianto Burhan Makka (ABM)

MAKASSAR, LINISIAR.ID – Pengusaha muda Sulsel, Arianto Burhan Makka (ABM), yakin pertanian cabe di Sulsel bisa mandiri. Bahkan, produksi cabe pun bisa membuat orang menjadi jutawan.

Calon Legislatif DPD RI nomor urut 25 ini mengatakan, cabe dapat berkembang jika benar-benar diseriusi. Hanya saja membutuhkan kesiapan pemerintah daerah untuk mendukungnya.

Dengan kondisi lahan yang ada, Sulsel dapat menjadi pilot project tanaman cabe unggul bahkan menjadi pengekspor cabe.

“Jika kerja sama daerah berjalan lancar dan petani siap secara mental, cabe ini dapat menjadi salah satu produksi unggulan. Semua potensi pertanian baik, salah satunya cabe perlu dikembangkan selain dari produksi hortikultura yang akan kita kembangkan di masa mendatang,” kata ABM dalam Diskusi Ekonomi Desa di salah satu Cafe di Makassar, Rabu (31/10/2018).

Menurutnya, program sektor pertanian ini bisa berjalan lancar jika seluruh pihak dapat bersinergi dengan baik. Salah satunya adalah keseriusan pemegang kuasa di daerah.

“Jika dipercaya jadi anggota DPD RI, insya Allah saya punya kekuatan untuk memikirkan sekaligus memfasilitasi program ini berjalan dengan baik,” tandas ABM.

Selama ini, selain usaha makro, ABM yang juga Ketua Badan Pengusaha Pemuda Pancasila Sulsel ini sedang membangun pembinaan ekonomi mikro serta membina jaringan dan komunitas petani gabah.

“Alhamdulillah saat ini kami sedang membina sekitar 1.500 petani dengan dukungan stakeholder yang ada. Kami bantu dengan permodalan hingga pada pelatihan teknis. Hasil akhirnya dinikmati petani dan kondisi mereka perlahan sedang mandiri. Inilah yang kita harapkan terus bertambah,” beber Wakil Ketua Umum BPD HIPMI Sulsel ini.

Demi meningkatkan program ini, ABM terus berusaha menjalin komunikasi dengan pemerintah daerah di 24 kabupaten/kota di Sulsel.(*)