Senin, Agustus 2, 2021

Dinas Pertanian Luwu Latih 30 Penyuluh Cara Mengolah Biji Kopi, Diselingi Praktek Lapangan

Populer

Luwu, Linisiar.id  – Selain menggelar pelatihan bagi non aparatur, Dinas Pertanian Luwu juga menggelar Pelatihan Teknis Tematik bagi para aparatur penyuluh pertanian.

Bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku Gowa, Dinas Pertanian Luwu membekali para penyuluh tentang pengolahan hasil dan produk biji kopi yang diselenggarakan selama 3 hari (10-12/6/2021) di Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Kecamatan Belopa Utara.

“Sasaran pelatihan ini adalah aparatur penyuluh pertanian yang berada pada sentra pengembangan kopi di wilayah Kabupaten Luwu, seperti di Kecamatan Latimojong, Bastem, Bastem Utara dan Walenrang Barat,” ungkap Kadis Pertanian, Albaruddin Andi Picunang.

Peserta yang berjumlah 30 orang diberi pembekalan materi terkait kebijakan pengembangan komoditi kopi dan pengolahan biji kopi oleh Kabid Perkebunan, Ucu Butun Manurun.

Materi Sortasi Biji Kopi dibawakan oleh Damang dan Materi Pengemasan Produk dibawakan oleh Kadirman.

Setiap pelatihan senantiasa dibarengi dengan pengenalan praktek lapangan. Kali ini, praktek dilaksanakan di UMKM Wanua Kopi milik pengusaha kopi, Buhari Akib yang terletak di Jalan Topoka Belopa.

Di tempat itu, Buhari Akib mendampingi para pemateri sekaligus memberikan pengalaman terkait cara sortasi kopi, pengolahan hingga teknik pengemasan produk kopi.

“Kami berharap dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas para penyuluh pertanian yang nantinya bisa diterapkan dan diteruskan ke pelaku utama, yakni kepada para petani agar dapat berdampak pada peningkatan hasil produksi,” kata Albaruddin.

“Terima kasih pula kami ucapkan kepada pihak BBPP Batangkaluku yang telah menempatkan beberapa kegiatan pelatihan pertanian di Kabupaten Luwu,” tambahnya. (*)

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru