Selasa, April 13, 2021

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Luwu Utamakan Penelusuran Arsip Kuno & Pencanangan Perpustakaan Transformasi

Populer

LUWU, Linisiar.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Luwu melakukan pelayanan dengan mendekatkan perpustakaan ke masyarakat serta penelusuran arsip-arsip kuno yang merupakan cerita dari tanah Luwu.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Luwu Rahmad Arifuddin merencanakan membuat perpustakaan yang dapat mempraktekkan secara langsung bahan yang telah dibaca oleh pembaca.

“Rencananya saya akan memprogramkan perpustakaan transformasi yaitu perpustakaan yang berinklusi sosial. Sekarang bukan hanya sekedar membaca tapi juga kami akan menyiapkan sarana untuk mempraktekkan apa yang dibacanya,” katanya, Kamis (18/2/2021).

Lanjutnya, untuk saat ini pelayanan yang diberikan berupa perpustakaan keliling dan penelusuran arsip-arsip kuno, seperti sejarah tanah Luwu.

Hal itu dilakukan untuk mendekatkan perpustakaan dengan masyarakat.

Selain itu Rahmad telah melakukan pertemuan dengan seorang wanita yang sangat berperan dalam sejarah Opu Daeng Risaju dalam penelusuran arsip-arsip kesejarahan perjuangan Opu Daeng Risaju.

Pertemuan itu disebutnya, untuk menelusuri beberapa arsip-arsip sejarah mengenai Opu Daeng Risaju.

“Kami mengundang salah seorang yang sangat mengetahui betul  mengenai sejarah Opu Daeng Risaju yaitu Sarma Hadiang selaku pemerhati budaya agar kami bisa kumpulkan arsip-arsip bersejarah mengenai  pahlawan perempuan kabupaten Luwu,” ujarnya.

Hal ini dilakukannya, semata untuk menambah pemahaman bagi anak muda agar mengetahui siapa sebenarnya Opu Daeng Risaju tersebut.

Sementara itu, Pustakawan Ilham menambahkan bahwa mereka akan membuat terobosan pelayanan dengan mendekatkan perpustakaan dengan masyarakat.

“Mungkin kami ke depan membuat terobosan pelayanan, mendekatkan perpustakaan ke masyarakat dengan cara perpustakaan keliling agar seolah-olah perpustakaan itu berada di mana-mana dan mereka merasa dekat,” tambahnya.

Kontributor: Fatmawati

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru